Naradidik: Journal of Education and Pedagogy https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara <p>Naradidik: Journal of Education and Padagogy merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang. Jurnal ini memfasilitasi publikasi untuk penelitian yang berkaitan dengan pembahasan stuktur dan dinamika Institusi pendidikan, Pengembangan Kurikulum, Model-model Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah dan pengembangan Pendidikan dalam masyarakat. Dengan kajian yang mendalam diharapkan artikel dalam jurnal ini memberikan pemikiran baru berkaitan dengan pengembangan konsep, model dan teori yang ada dalam ilmu pendidikan.</p> en-US renofernandes@fis.unp.ac.id (Reno Fernandes) Thu, 07 Nov 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Faktor Rendahnya Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN 4 Sumatera Barat (Sekolah Keberbakatan Olahraga) Melalui Konsep School Well-Being https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/215 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor apa yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar peserta didik di SMAN 4 Sumatera Barat (Sekolah Keberbakatan Olahraga). Realita rendahnya motivasi belajar peserta didik terlihat melalui hasil studi pendahuluan yang dilakukan terhadap peserta didik yang masuk melalui 4 jalur, yaitu PPLP, Seleksi Mandiri Keberbakatan Olahraga, Prestasi, Zonasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori Sosial Emosional melalui konsep Teori <em>School Well-Being </em>yang dikembangkan oleh tokoh Konu dan Rimpela. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik pemilihan informan dengan <em>purposive sampling</em>, dengan jumlah informan 25 orang. Analisis data dilakukan dengan model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 2 faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar peserta didik, yaitu faktor internal meliputi (1) beragamnya jadwal kegiatan peserta didik karena variasi jalur masuk, (2) peserta didik keberbakatan olahraga memiliki cita-cita menjadi atlet nasional, (3) tidak terpenuhinya kebutuhan dasar peserta didik, (4) belum mandiri dalam belajar, sedangkan faktor eksternal yaitu (1) lingkungan belajar yang tidak kondusif, (2) dukungan orang tua belum maksimal. Temuan ini sesuai dengan asumsi teori sosial emosional dengan konsep <em>school well-being, </em>yaitu sekolah perlu menjamin terpenuhinya aspek yang memuaskan kebutuhan anggotanya baik itu material atau non-material, yaitu sosial (<em>loving</em>), pemenuhan diri (<em>being)</em>, dan kesehatan (<em>health)</em> berdampak pada motivasi belajar peserta didik.</p> Vebry Deka Hendi, Ike Sylvia Copyright (c) 2024 Vebry Deka Hendi & Ike Sylvia https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/215 Thu, 07 Nov 2024 09:30:31 +0000 Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Permainan Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Sosiologi Kelas X SMAN 1 Salimpaung https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/228 <p style="text-align: justify;">Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran <em>Two Stay Two Stray</em> dengan permainan <em>wordwall</em>. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas oleh Kemmis &amp; Mc Taggart. Penelitian ini menggunakan teori konstrutivisme Jean Piagent. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XE.1 SMAN 1 Salimpaung Tanah Datar pada tahun ajar 2023/2024 dengan jumlah 33 siswa. Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan membandingkan presentase ketuntasan belajar dalam penerapan model pembelajaran langsung dengan bantuan aplikasi <em>Wordwall</em>. Instrument penelitian yang menggunakan kisi kisi soal test hasil belajar. Berdasarkan hasil tes pada siklus I pertemuan pertama dengan rata rata hasil belajar dengan persentase 33,3% dan pada pertemuan 2 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata rata persentase 48,3%. Pada siklus II pertemuan pertama hasil belajar siswa dengan rata rata persentase 75,8%, dan meningkat pada pertemuan kedua dengan rata rata 78,8%. Adapun selisih rata rata peningkatan persentase dari siklus I dan siklus II sebesar 45,5%. Rata-rata pada siklus I dari 33,3% menjadi 78,8% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran <em>Two Stay Two Stray</em> dengan permainan <em>Wordwall</em> pada Pelajaran sosiologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XE.1 SMAN 1 Salimpaung, Tanah Datar.</p> Nabila Khairiyah Damhuri, Junaidi Junaidi Copyright (c) 2024 Nabila Khairiyah Damhuri & Junaidi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/228 Thu, 07 Nov 2024 09:31:22 +0000 Kendala-kendala dalam Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal di SMAN 2 Kinali https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/239 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini mengkaji implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Tema Kearifan Lokal di SMA Negeri 2 Kinali. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengidentifikasi kendala-kendala dalam pelaksanaan P5 melalui observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya kendala signifikan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, ditemukan kurangnya pemahaman guru dalam menyusun modul ajar P5 dan terbatasnya pelatihan khusus. Tahap pelaksanaan terkendala oleh keterbatasan waktu, sumber daya, dan infrastruktur sekolah, serta rendahnya antusiasme peserta didik. Sementara itu, tahap evaluasi menghadapi kendala berupa keterbatasan waktu untuk melakukan penilaian komprehensif. Meskipun menghadapi berbagai tantangan, sekolah menunjukkan komitmen kuat dalam mengatasi kendala-kendala tersebut. Upaya yang dilakukan meliputi mendorong studi mandiri guru, mengoptimalkan fasilitas yang ada, mengembangkan metode pembelajaran interaktif, dan menerapkan sistem penilaian yang lebih komprehensif. Penelitian ini menyimpulkan pentingnya pendekatan holistik dan sistematis dalam mengatasi kendala implementasi P5, dengan fokus pada peningkatan kompetensi guru, perbaikan infrastruktur, dan pengembangan strategi pembelajaran yang efektif.</p> Randi Pratama, Eka Asih Febriani Copyright (c) 2024 Randi Pratama & Eka Asih Febriani https://creativecommons.org/licenses/by/2.0/ https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/239 Thu, 07 Nov 2024 09:32:18 +0000 Efektivitas Media Pembelajaran Menggunakan Microsoft Sway Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sosiologi https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/271 <p style="text-align: justify;">Hasil belajar pada peserta didik fase E di SMA N 1 Linggo Sari Baganti mengenai materi hubungan sosial yang rendah mendorong penelitian ini dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengukur keefektifan media pembelajaran menggunakan <em>Microsoft Sway</em> dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik fase E SMA N 1 Linggo Sari Baganti. Penelitian eksperimen ini dirancang dengan melibatkan satu kelompok yaitu pretest dan posttest. Penelitian ini melibatkan 34 siswa dari kelas E SMA N 1 Linggo Sari Baganti. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori belajar bermakna dari David Ausubel. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai rata-rata pretest yaitu 56,6 sedangkan nilai rata-rata posttest yaitu 88,5. Uji normalitas, homogenitas, dan uji T digunakan untuk menganalisis data. Hasil uji normalitas sebesar 0,16 dan uji homogenitas sebesar 0,23 menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen dengan nilai sig. lebih dari 0,05, yang memungkinkan uji T. Hasil uji T sebesar 0,00 menunjukkan bahwa nilai sig. kurang dari 0,05, sehingga H0 ditolak, menunjukkan bahwa siswa memiliki perbedaan hasil belajar sosiologi. Hasil belajar siswa dapat disimpulkan meningkat setelah menggunakan media pembelajaran <em>Microsoft Sway</em>.</p> Putri Utami, Nurlizawati Nurlizawati Copyright (c) 2024 Putri Utami & Nurlizawati https://creativecommons.org/licenses/by/2.0/ https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/271 Thu, 07 Nov 2024 00:00:00 +0000 Penerapan Model Kooperatif Make A Match Berbantuan Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X Fase E SMA Eka Sakti Padang https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/263 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi melalui penerapan model kooperatif <em>make a match</em> berbantuan <em>wordwall</em>. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini menggunakan desain PTK Kemmis dan Mc Taggart dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Fase E SMA Eka Sakti Padang tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator keberhasilan belajar yaitu nilai rata-rata meningkat dan ketuntasan belajar siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM 76). Teknik analisis data berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Teori yang digunakan dalam analisis penelitian ini adalah teori kognitif Ausubel yang dikenal sebagai teori belajar bermakna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif <em>make a match</em> berbantuan <em>wordwall</em> dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi. Hal ini terlihat dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata siklus I adalah 70 dan persentase ketuntasan 50%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II hasil belajar meningkat secara signifikan dengan nilai rata-rata 84,66 dan persentase ketuntasan sebesar 86,66% dengan kategori sangat baik.</p> Monalisa Monalisa, Nurlizawati Nurlizawati Copyright (c) 2024 Monalisa & Nurlizawati https://creativecommons.org/licenses/by/2.0/ https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/263 Thu, 07 Nov 2024 09:34:23 +0000 Peningkatan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi dengan Model Kooperatif Two Stay Two Stray di SMAN 1 Linggo Sari Baganti https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/260 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya partisipasi peserta didik pada pembelajaran sosiologi karena kurang tepatnya guru melakukan penerapan model pembelajaran yang telah dirancang sesuai dengan modul ajar yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk upaya mengatasi rendahnya tingkat partisipasi peserta didik dengan&nbsp; penerapan model pembelajaran kooperatif <em>Two Stay Two Stray</em> (TS-TS). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Desain penelitian menggunakan John Elliot yang terdiri dari empat tahapan yang harus dilalui yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada kelas Fase E 5 SMAN 1 Linggo Sari Baganti Pesisir Selatan tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah peserta didik 35. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui meningkatnya partisipasi peserta didik menggunakan perhitungan rumus F= f/N x 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif <em>Two Stay Two Stray</em> (TS-TS) dapat meningkatkan partisipasi peserta didik. Rata-rata yang diperoleh Pada siklus 1 tingkat partisipasi peserta didik sebesar 46%. Kemudian dilanjutkan pada siklus 2 rata-rata yang diperoleh tingkat partisipasi peserta didik dengan 2 kali pertemuan sebesar 78%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat partisipasi peserta didik berada Pada kategori baik setelah dilakukannya penerapan model pembelajaran kooperatif <em>Two Stay Two Stray</em> (TS-TS).</p> Nesa Monicha, Nurlizawati Nurlizawati Copyright (c) 2024 Nesa Monicha & Nurlizawati https://creativecommons.org/licenses/by/2.0/ https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/260 Thu, 07 Nov 2024 09:35:15 +0000 Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI SMA N 1 Baso https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/280 <p style="text-align: justify;">Partisipasi belajar peserta didik di kelas XI di SMA N 1 Baso masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model <em>Project Based Learning</em> (PjBL) terhadap peningkatan partisipasi belajar peserta didik di kelas XI (Sosiologi 3) SMA N 1 Baso. Teori belajar yang digunakan adalah teori behavioristik dari Thorndike. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (<em>Quasi Experiment</em>). Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas XIS.3 (eksperimen) dan kelas XIS.2 (kontrol). Teknik pengumpulan diperoleh melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menemukan terdapat pengaruh yang positif pada penggunaan model pembelajaran <em>Project Based Learning</em> (PjBL) terhadap partisipasi belajar peserta didik kelas XI di SMA N 1 Baso. Hasil nilai significance kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sebesar 0,01 dimana nilai tersebut &lt; 0,05. Model project based learning memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan partisipasi belajar peserta didik.</p> Nabila Wirda Sari, Eka Asih Febriani Copyright (c) 2024 Nabila Wirda Sari & Eka Asih Febriani https://creativecommons.org/licenses/by/2.0/ https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/280 Thu, 07 Nov 2024 09:36:50 +0000 Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Question Card dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Sosiologi 4 SMA Negeri 7 Padang https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/265 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini dilatarbelakangai oleh rendahnya aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI sosiologi 4 SMA Negeri 7 Padang dengan menggunakan model pembelajaran TGT (<em>Team Games Tournament</em>) berbantuan <em>question card</em>. Teori dalam penelitian ini adalah teori kognitif Ausubel. Teori Ausubel menjelaskan tentang pembelajaran bermakna yang bertujuan memperoleh pengalaman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Desain penelitian menggunakan desain Kemmis dan McTaggart dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMA N 7 Padang kelas XI sosiologi 4 tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model <em>team games tournament</em> berbantuan <em>question card</em> mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa, terlihat saat pra tindakan keaktifan belajar siswa yang hanya 19,8%, meningkat menjadi 46,7% setelah siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 82,2%. Hasil tersebut menunjukkan model pembelajaran TGT berbantuan <em>question card</em> dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI sosiologi 4 SMAN 7 Padang.</p> Tri Mutiara Jenia Amanda, Nurlizawati Nurlizawati Copyright (c) 2024 Tri Mutiara Jenia Amanda & Nurlizawati https://creativecommons.org/licenses/by/2.0/ https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/265 Thu, 07 Nov 2024 09:38:09 +0000 Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Teka Teki Silang (TTS) dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas X Fase E SMAN 1 Hiliran Gumanti https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/266 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa Kelas X Fase E1 SMAN 1 Hiliran Gumanti. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru merupakan salah satu faktor yang menyebabkan menurunnya aktivitas belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, guru harus menggunakan model pembelajaran yang lebih efektif. Salah satu model yang diusulkan adalah dengan menggunakan model pembelajaran <em>Think Talk Write</em> (TTW) berbantuan media teka-teki silang dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan soal tes. Analisis data deskriptif dan kuantitatif dilakukan terhadap 25 siswa Kelas X Fase E1. Teori behavioristik Thorndike menjadi landasan teori penelitian ini, di mana asumsi dasarnya menyatakan bahwa pembelajaran terjadi melalui asosiasi antara stimulus dan respons. Perilaku yang diikuti oleh konsekuensi yang memuaskan akan cenderung diulang (hukum efek), sementara kesiapan mental dan fisik siswa mempengaruhi efektivitas pembelajaran (hukum kesiapan), serta pengulangan aktivitas memperkuat pemahaman (hukum latihan). Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran <em>Think Talk Write</em> yang dipadukan dengan media teka-teki silang. Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari 55% pada Siklus I menjadi 79,7% pada Siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilakukan dengan pendekatan pembelajaran ini. Persyaratan bagi siswa untuk menyelesaikan tugas sendiri dan kelompok untuk meningkatkan keterampilan berbicara, menulis, dan berpikir mereka yang akan memungkinkan mereka untuk terlibat lebih aktif dalam kegiatan kelas adalah alasan peningkatan ini.</p> Mira Januamita, Eka Asih Febriani Copyright (c) 2024 Mira Januamita & Eka Asih Febriani https://creativecommons.org/licenses/by/2.0/ https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/266 Thu, 07 Nov 2024 09:38:59 +0000 Pengembangan E-Modul Berbantuan Flipbook Pada Mata Pelajaran Sosiologi Untuk Kelas XI SMA https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/269 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sarana dan prasarana yang ada di SMA Negeri 9 Tambun Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan e-modul berbantuan flipbook pada pembelajaran sosiologi untuk kelas XI SMA, 2) mengungkapkan tingkat kelayakan dan kepraktisan e-modul berbantuan flipbook pada mata pelajaran sosiologi untuk kelas XI SMA, (3) mengetahui efektivitas e-modul berbantuan flipbook dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sosiologi kelas XI SMA. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada langkah pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Prosedur pengembangan terdiri dari <em>define</em>, <em>design</em>, <em>development</em> dan <em>dessaminate</em>. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif berupa analisis hasil observasi dan wawancara serta analisis data kuantitatif berupa analisis data tes hasil belajar dan angket yang diberikan kepada 4 orang ahli dan 34 peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Tambun Selatan. Teori yang digunakan adalah teori kognitivisme Jean Piaget. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-modul berbantuan flipbook layak dan praktis untuk kegiatan pembelajaran sosiologi. Pelaksanaan dan penggunaan e-modul berbantuan flipbook secara umum terlaksana dengan baik dan mendapatkan respon positif dari peserta didik dan guru sosiologi. Selain itu, e-modul berbantuan flipbook dinilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik karena terdapat perbedaan rata-rata yang cukup signifikan dari hasil belajar peserta didik setelah menggunakan e-modul berbantuan flipbook.</p> Zahra Pebryanti, Desri Nora Copyright (c) 2024 Zahra Pebryanti & Desri Nora https://creativecommons.org/licenses/by/2.0/ https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/269 Thu, 07 Nov 2024 09:39:42 +0000