Strategi Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMAS Adabiah Padang dan SMAS Adabiah 2 Padang

  • Silvia Darma Yanti Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
Keywords: Mutu, Pembelajaran, Prestasi, Strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran (Studi Kasus SMAS Adabiah Padang dan SMAS Adabiah 2 Padang). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMAS Adabiah Padang dan SMAS Adabiah 2 Padang. Subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah, waka kurikulum, majelis guru, dan para siswa-siswi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (model interaktif dari Miles dan Huberman). Mutu pembelajaran merupakan suatu proses pembelajaran yang sudah direncanakan sesuai dengan prosedur yang ada dan juga merancang apa yang akan diajarkan kepada peserta didik nantinya, dengan tujuan mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai dengan apa yang diinginkan. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh seseorang setelah ia melakukan perubahan belajar, baik disekolah maupun diluar sekolah dan setelah memgikuti proses belajar mengajar. Hasil penelitiannya meningkatkan mutu pembelajaran ada beberapa strategi yang dilakukan oleh sekolah yaitu meningkatkan mutu dalam hal akademik dan non akademik siswa, meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan, peningkatan mutu pada sarana dan prsarana yang memadai, menyelaraskan kurikulum sekolah, dan meningkatkan mutu lulusan sekolah. Faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah antara lain peserta didk yang berkualitas, lingkungan belajar yang berkualitas, konten yang berkualitas, proses pembelajaran yang berkualitas, dan lulusan yang berkualitas. Namun yang membedakan kedua sekolah ini SMAS Adabiah Padang prestasi sekolahnya lebih ke akademik, sedangkan SMAS Adabiah 2 Padang prestasi sekolahnya lebih ke non akademik. Faktor- faktor yang mendorong sekolah swasta berprestasi yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu faktor yang datang dari dalam diri seseoran atau siswa. Faktor internal itu meliputi intelegensi, minat, sikap, waktu dan kesempatan, dan bakat. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa itu sedniri. Yang termausk faktor eksternal adalah guru, keluarga, kepemimpinan kepala sekolah, fasilitas pembelajaran, dan displin.

References

Adzani, Y. (2022). STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19. הארץ, 2(8.5.2017), 2003–2005.
Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Akuntansi Sektor Pemerintah. Madrasah, 6(2), 26. https://www.researchgate.net
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
Baharun, H., & Zamroni. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan Ikhtiar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Pendekatan Balanced Scorecard. In Econosains Jurnal Online Ekonomi dan Pendidikan (Vol. 8, Issue 2).
Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295
Faruq, I. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Di SMA Plus Darul Hikmah Gembolo Purwodadi Gambiran Banyuwangi Oleh : Ibnu Faruq Abstrak.
Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran. 59.
Fauziah, S. D. (2018). Upaya Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fiqh Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Metro. Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Metro. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/715/1/SHIMA DEWI FAUZIAH.pdf
Firdaus, M. (2019). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran di SMA AL-Azhar 3 Bandar Lampung.
Hadi. (2021). Penelitan Kualitatif. In CV.Pena Persada.
Hambali, Fathor Rozi, D. N. (2022). Issn 2548-9119 humanistic learning theory; upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di madrasah. 349–359.
Khairuzzaman, M. Q. (2016). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. 4(1), 64–75.
Lantip, P. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. In UNY Press.
Masrufah, A. (2017). Faktor Pendukung Meningkatkan Prestrasi Siswa.
Nuraini, L., & 2022. (2022). MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN.
Praja, R. T. (2015). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd. Dr. H. Amiruddin MS, M. . (2017). Manajemen Kurikulum. Perdana Publishing, 1–208.
Putri, S. D. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar akuntansi siswa kelas x smk swasta bm al-fattah medan tahun pelajaran 2019/2020.
Saifulloh. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206–218. https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619
Saleh, S. (2016). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Analisis Data Kualitatif, 180. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf
Samuel Nurdin dan Sri Hartati. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Penerbit Media Sahabat Cendekia.
Shell, A. (2016). MANAJEMEN MUTU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AZ-ZAHRA SRAGEN. 1–23.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). In Alfabeta. CV Alfabeta.
Sumantri, B. A. (2019). Teori belajar humanistik dan implikasinya terhadap pembelajaran pendidikan agama islam. 3(September), 1–18.
Syarifuddin. (2022). TEORI HUMANISTIK DAN APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. 106–122.
Published
2023-06-30
How to Cite
Yanti, S. D., & Sylvia, I. (2023). Strategi Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMAS Adabiah Padang dan SMAS Adabiah 2 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(2), 167-175. https://doi.org/10.24036/nara.v2i2.131