Pengelolaan Pembelajaran Sekolah Full Day School pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Pengelolaan Pembelajaran di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru)

  • Annisa Yuni Kamila Universitas Negeri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang
Keywords: Covid-19, Full Day School, Pengelolaan, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengelolaan pembelajaran sekolah Full Day School pada masa pandemi covid-19 di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Hal ini menarik untuk diteliti karena penelitian ini berbanding terbalik dengan penelitian yang sudah ada yang menyatakan bahwa pembelajaran daring tidak berjalan dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling dengan 9 orang informan dan penelitian dilakukan selama 3 bulan. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi.. Data yang didapat tersebut kemudian dianalisis dengan model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai belajar siswa tidak mengalami penurunan yang signifikan walaupun dengan 4 cara proses pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi covid-19. Hal tersebut karena partisipasi dan keaktifan belajar siswa meningkat pada saat pembelajaran full day school dari pada saat pembelajara secara daring dengan pembatasan jam belajar. Selama tahun ajaran 2019, 2020, 2021 sampai dengan 2022 proses pembelajaran di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru selalu mengalami perubahan yang tentunya berdampak pada hasil belajar siswa. Namun berdasarkan hasil data yang ditemukan, nilai rata-rata lulusan Siswa/Siswi di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru mengalami peningkatan.

References

Alo Liliweri. (2014). Sosiologi & Komunikasi Organisasi. In Sosiologi & Komunikasi Organisasi.
Dr. Hj. Fory A. Naway, M. P. (2016). Strategi pengelolaan pembelajaran.
Dunia, I., & Majalah, L. M. (2021). Belasan ribu murid terpapar Covid-19, perlukah pembelajaran tatap muka terbatas dipertahankan? - BBC News Indonesia. September. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-58654180
Erwinsyah, A. (2016). Pengelolaan pembelajaran sebagai salah satu teknologi dalam pembelajaran. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 80–94. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/442
Hakim, A. L. (2021). Promosi Kesehatan dan Kebijakan Physical Distancing Terhadap Perilaku Pencegahan COVID-19. KELUWIH: Jurnal Kesehatan Dan Kedokteran, 2(2), 75–81. https://doi.org/10.24123/kesdok.v2i2.3985
Idi, A. (2011). Sekolah. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Kepala Biro Hukum Kemdikbud. (2021). Surat Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Pengelola Web Kemdikbud, 1–70. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/12/keputusan-bersama-4-menteri-tentang-panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19
Ma’mur Asmani, J. (2017). Full Day School. Ar-Ruzz Media, 172.
Miftah, M. (2018). MENAKAR KEBIJAKAN FULL DAY SCHOOL (Studi Analisis Permendikbud No 23 Tahun 2017). Jurnal Perspektif, 2(1), 1. https://doi.org/10.15575/jp.v2i1.14
Pendidikan, D., Pekanbaru, K., Pertama, S. M., Pendidikan, S. D., & Musailis, K. P. (2022). Disdik Pekanbaru Segera Berlakukan Sekolah Full Day untuk SMP Negeri.
Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(6), 703–712. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.703-712
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9 (pp. 1–8). yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.
Sahari, S. (2018). Fullday School dalam Sorotan Ilmu Sosiologi, Psikologi, dan Ekonomi. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(1), 1–16. https://doi.org/10.30984/jii.v11i1.575
Septiana, R. (2011). Pengelolaan pembelajaran program full day school di sd budi mulia dua yogyakarta. Skripsi, 1–109. http://eprints.uny.ac.id/22371/1/RAGELLA SEPTIANA.pdf
Setyowati, D. A., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Negeri, U. I., & Lampung, R. I. (2022). Problematika Pembelajaran Daring Dan Luring Dimasa Pandemi Covid-19 Problematika Pembelajaran Daring Dan Luring Dimasa Pandemi Covid-19.
Wardah, R., & Farisia, H. (2021). Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19: Implementasinya pada Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2008–2017. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/908
Wicaksono, A. G. (2018). Fenomena Full Day School Dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 10. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.12
Zafar, M. A., & S, A. (2020). Efektivitas Penerapan Full Day School di Sekolah Menengah. Jurnal Ecogen, 3(3), 449. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i3.9997
Published
2023-06-30
How to Cite
Kamila, A. Y., & Fernandes, R. (2023). Pengelolaan Pembelajaran Sekolah Full Day School pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Pengelolaan Pembelajaran di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru). Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(2), 182-189. https://doi.org/10.24036/nara.v2i2.137