Penggunaan Information Search dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS 2 SMA Adabiah Padang

  • Andre Febrian Universitas Negeri Padang
  • Eka Asih Febriani Universitas Negeri Padang
Keywords: Information search, Pembelajaran, Sosiologi

Abstract

Peserta didik menggunakan smartphone dalam pembelajaran sosiologi di kelas XI IPS 2 SMA Adabiah, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengamati penggunaan information search dalam pembelajaran di SMA Adabiah padang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 2 SMA Adabiah Padang. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 13 orang. Data dikumpulkan melalui observasi partisipasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa menggunakan smartphone di dalam kelas sebagai sumber belajar selain dari buku teks pelajaran sosiologi. Siswa mengakses information search melalui google dalam rangka mencari materi-materi pelajaran yang sedang dibahas, selain itu guru mengisinkan siswa untuk mencari jawaban-jawaban dari soal yang diberikan oleh guru untuk menambah wawasan peserta didik. Guru juga menyarankan siswa untuk dapat menggunakan sumber internet melalui information search ketika belajar dirumah. Siswa dapat menyelesaikan pekerjaan rumah yang diberikan guru dengan berbantukan internet. Dengan demikian siswa dapat menambah berbagai literatur yang bersumber dari internet yang diakses melalui information search berupa artikel online dan e book.

References

Dewi, N. L., Muttaqin, A. I., & Muftiyah, A. (2019). Implementasi Strategi Information Search Dengan Memaksimalkan Penggunaan Smarphone Dalam Pembelajaran PAI Kelas X MIPA 1 di SMA Negeri Genteng Tahun Pelajaran 2018/2019. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 179.
Isti'adah, F. N. (2020). Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Kurniawan, A. (2022). Teknologi Pengajaran. Padang: PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Noperman, F. (2020). Inovasi Pembelajaran Dari Ide Kreatif di Kepala Sampai Praktik Inovasi di Kelas. Yogyakarta: Laksbang Pustaka.
Pertiwi, W. K. (2021, September 2). KOMPAS.com. Dipetik Juni 10, 2022, dari tekno.kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2021/09/02/091413/jumlah-pengguna-ponsel-di-dunia-tembus-5-miliar
Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alabeta.
Syam, S. (2021). Pengantar Ilmu Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Taliak, J. (2020). Teori dan Model Pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab.
Published
2023-12-12
How to Cite
Febrian, A., & Febriani, E. A. (2023). Penggunaan Information Search dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS 2 SMA Adabiah Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(4), 349-358. https://doi.org/10.24036/nara.v2i4.140