Optimalisasi Aspek Perkembangan Peserta Didik Anak Usia Dini (Studi Kasus TK Arafah Mina Kota Padang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya pendidik dalam mengoptimalisasi aspek perkembangan pada peserta didik usia dini. Hal ini menarik untuk diteliti karena terdapat permasalahan dalam penelitian yaitu kurangnya teroptimalisasi aspek perkembangan pada peserta didik usia dini di TK Arafah Mina Kota Padang. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori behavioristik yang dikembangkan oleh Edward Lee Thorndike. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang termasuk penelitian studi kasus. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling yaitu teknik pengambilan data dari sumber data dengan pertimbangan atau kreteria tertentu, dengan jumlah informan 11 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aspek perkembangan pada peserta didik usia dini setelah diberikan perlakuan kepada peserta didik berupa: pertama, pembiasaan sikap, yakni membaca doa sehari-hari, bersalaman dengan guru, mengucapkan terimakasih, maaf, tolong, dan permisi, kedua, pengelompokkan peserta didik, pengelompokkan sesuai kompetensi peserta didik yang bertujuan agar memudahkan pendidik dalam menyampaikan pembelajaran dan memudahkan pula bagi peserta didik untuk menerima pembelajaran, ketiga, penggunaan metode pembelajaran menarik, belajar sambil bernyanyi, bercerita, tanya jawab, mewarnai dan menggambar, keempat, mewujudkan berbagai aktivitas yang membangun kreativitas, seperti pengembangan bakat dengan mengikuti ekstrakurikuler. Hasil peningkatan dapat dilihat dari respon peserta didik yang lebih interaktif dan senang dalam mengikuti proses belajar.
References
Huberman, & Miles. (1992). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998).
Nahar, N. I. (2016). PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ), 1(3), 64. https://doi.org/10.1111/j.1365-2141.1992.tb08137.x
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sugiyono (ed.); Ke-22). ALFABETA.
Suryana, D. (2016). PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Kencana., September, 2016.
UUD RI No. 20. (2003). Presiden republik indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan, 1, 1–5.
Wijana, W. D. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jakarta: PT Indeks, 79. http://repository.ut.ac.id/4724/1/PAUD4409-M1.pdf