Adaptasi Penggunaan Teknologi oleh Guru dalam Pembelajaran Sosiologi Pasca Pandemi di SMAN 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adaptasi penggunaan teknologi oleh guru dalam pembelajaran sosiologi pasca pandemi di SMAN 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana adaptasi guru dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran sosiologi pasca pandemi. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori struktural fungsional oleh Talcot Parson yaitu sesuai dengan skema AGIL. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan penelitian menggunakan porposive sampling yang informan penelitian berjumlah 10 orang informan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi guru dalam penggunaan teknologi pada pembelajaran sosiologi pasca pandemi di SMAN 1 Tigo Nagari yaitu: 1) Pembelajaran menggunakan infokus, 2) Pembelajaran Whatshapp Group, 3) Siswa membawa hp ke sekolah .
References
Anjani, F. (2020). TEORI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI. 1(1).
Azari, Y., & Syafrini, D. (2021). Problematika Sistem Pembelajaran Kombinasi Daring dan Luring Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMA Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 70–81. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i2.163
Hastuti, D., & Syukur, M. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN ABAD 21 BERBASIS HOTS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TPACK DI SMA NEGERI 11 ENREKANG. 1(3).
Margareta, Y., Hidayati, N. W., & Maulana, R. (2022). ANALISIS PENYESUAIAN DIRI DALAM BELAJAR ONLINE MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS X SMAN 1 SEKADAU. 1.
Muryati, R. (2021). PROSES PEMBELAJARAN DARING/LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IMADRASAH IBTIDAIYYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Cakra Books.
Oktavia, Y., & Wirdanengsih, W. (2022). Adaptasi Siswa dari Pembelajaran Daring ke Pembelajaran Tatap Muka di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (Studi Kasus: Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota). Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 220–229. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.40
Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74
Rosdiana. (2009). Pendidikan Suatu Pengantar. Citapustaka Media.
Rosenberg, J. M., & Koehler, M. J. (2015). Context and Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): A Systematic Review. Journal of Research on Technology in Education, 47(3), 186–210. https://doi.org/10.1080/15391523.2015.1052663
Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Citapustaka Media.
Sarnoto, A. Z. (2023). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pengelolaan Pendidikan Menengah Pasca Pandemi Covid-19. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(3), 319–328. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i3.284
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Wahyuni, I. (2020). TRANSFORMASI DIGITAL MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI: ADAPTASI PERAN GURU PEREMPUAN SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 133–144. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.566
Warsita, B. (2013). PERKEMBANGAN DEFINISI DAN KAWASAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN SERTA PERANNYA DALAM PEMECAHAN MASALAH PEMBELAJARAN. 1.