Objektivitas Penilaian Guru Pamong Pada Kompetensi Mahasiswa PLK Sosiologi 2021/2022 Universitas Negeri Padang di Kota Padang

  • Dinda Mellnia E Universitas Negeri Padang
  • Nurlizawati Nurlizawati Universitas Negeri Padang
  • Delmira Syafrini Universitas Negeri Padang
Keywords: Guru pamong, Mahasiswa, PLK, Penilaian objektivitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis objektivitas guru pamong dalam memeberikan penilaian pada mahasiswa PLK sosiologi 2021/2022 Universitas Negeri Padang Di Kota Padang. Peneliti tertarik melakukan penelitian ini dikarenakan masalah objektivitas penilaian guru pamong pada mahasiswa PLK ini menjadi permasalahan yang terjadi  setiap periode PLK dilaksanakan, hingga hal tersebut membuat proses penilaian kepada mahasiswa PLK ini menjadi tidak objektif karena guru pamong melakukan penilaian yang timpang tidak sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa PLK hingga akhirnya hal ini mempengaruhi objektivitas penilaian guru pamong pada kompetensi mahasiswa PLK sosiologi 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan tipe studi kasus, pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan 7 orang informan yaitu guru pamong sosiologi, 5 orang mahasiswa PLK.  Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan secara observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian di SMAN 1 Padang, SMAN 2 Padang, SMAN 5 Padang, SMAN 7 Padang, SMA Pembangunan Laboratorium UNP, SMA Pertiwi 1 Padang. Hasil penelitian ini menunjukan objektivitas penilaian yang dilakukan oleh guru pamong ketika memberikan penilaian pada mahasiswa PLK sosiologi 2021/2022 dapat dikatakan timpang karena guru pamong melakukan penilaian tidak sesusai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa PLK yang artinya penilaian yang dilakukan guru pamong tersebut mempengaruhi objektivitas. Dilihat dari 3 aspek dan 5 faktor penilaian yang di lakukan oleh guru pamong yaitu aspek profesional yang meliputi; 2 faktor yaitu: Pemberian nilai PLK didasarkan keterlibatan membantu merancang perangkat pembelajaran guru pamong, penilaian dilakukan oleh mahasiswa bersangkutan. Aspek emosional dan keperibadian yang meliputi; Rasa simpati dan empati guru pamong dalam memberikan penilaian, sikap patuh dan kedisiplinan mahasiswa mempengaruhi penilaian, toleransi terhadap kesalahan sebagai proses belajar serta aspek sosial.

References

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Budiarko, A. A. (2021). ENTREPRENEUR DI KOTA PEKANBARU ( Teori Fenomenologi Alfred Schutz ) : MEDIA MASSA. Universitas Islam Riau, 1–84.
Dasmo, D., & Sumaryati, S. (2015). Peran Guru Pamong dan Dosen Pembimbing Terhadap Keberhasilan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1), 56–64. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i1.139
Dewi, Eka sari, said nurdin, & Martunis. (2018). Penilaian Mahasiswa PPL Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Oleh Guru BK. 3, 19–24.
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Famahato Lase. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru Profesional. Jurnal PPKn Dan Hukum, 11(1), 36–66. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article
Hasbi, M. (2012). Kompetensi Sosial Guru Dalam Pembelajaran Dan Pengembangannya. XVII(01), 61–67.
Lincoln, N. K. D. dan Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. PUSTAKA PELAJAR.
Michael Jibrael Rorong. (2020). FENOMENOLOGI. PENERBIT DEEPUBLISH.
Moleong, j, L. (2006). (2006). Metodologi Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya., 1–12. http://a-research.upi.edu/operator/upload/t_pd_0704893_chapter3.pdf
Mujahidah, Hasnani, M. (2017). Ekspektasi Guru Pamong Dan Siswa Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Ppl (Praktek Pengalaman Lapangan) Stain Parepare. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 107–129. https://doi.org/10.35905/alishlah.v15i2.563
Mukhibad, Hasan., dan Susilowati, N. (2010). Studi Evaluasi Kompetensi Mengajar Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (Ppl) Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 39(2), 112–124.
Ngainun Naim. (2016). Menjadi Guru Inspiratif : Memberdayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa.
Nindito, S. (2013). Fenomenologi Alfred Schutz: Studi tentang Konstruksi Makna dan Realitas dalam Ilmu Sosial. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 2(1), 79–95. https://doi.org/10.24002/jik.v2i1.254
Oktavianingrum, D. (2014). Persepsi Guru Pamong Terhadap Kompetensi Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Pendidikan Administrasi. 9–49. http://eprints.uns.ac.id/20770/
Rafika, A. S., Saputro, K. A., & Saputra, R. N. (2015). “Pengaruh PO (Penilaian Objektif) Pembimbing Dan PO (Penilaian Objektif) Penguji Terhadap Kualitas Kelulusan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Raharja.” Cices, 1(1), 61–69. https://doi.org/10.33050/cices.v1i1.128
Rahmat Ramdani, F. Y. K. H. (2018). PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PPL TAHUN AJARAN 2017/2018. 2(1), 1–8.
Ritzer, G., & D. J. G. (2011). Teori Sosiologi Modern.
Satya, U. kristen. (1997). Landasan Teori ِFenomenologi Alfred schutz. 15–63.
Sri Haryati. (2012). ( R & D ) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. Academia, 37(1), 13.
Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Pers.
Sudin, A. (2017). Penilaian Guru Pamong Terhadap Kemampuan Mahasiswa Ppl Dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran Di Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 29–42. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5594
Sugiyono. (2010). prof. dr. sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. intro ( PDFDrive ).
Suharsimi Arikunto. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Suprananto. (2012). Penilaian (Assessment) dalam Pembelajaran. Penilaian Pendidikan, 13–14.
sutopo. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Metode Penelitian Kualitatif. Universitas Sebelas Maret, 32–41.
syafril, & Z. Z. (2017). DASAR-DASAR ILMU PENDIDIKAN. KENCANA.
Ulin, F., & Oktarina, N. (2014). Pengaruh Minat Profesi Guru, Locus Of Control Iinternal, Pperan Guru Pamong dan Prestasi Belajar Terhadap Kkesiapan Mahasiswa Menjadi Guru. Economic Education Analysis, 3(2), 336–342.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003. (n.d.). Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Universitas Negeri Padang. (2021a). PEDOMAN PRAKTEK LAPANGAN KEPENDIDIKAN.
Universitas Negeri Padang. (2021b). PEDOMAN PRAKTEK LAPANGAN KEPENDIDIKAN PUSAT. UNP.
Wahyudi, R., & Syah, N. (2018). Hubungan Minat Menjadi Guru Dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan. Jurnal Universitas Negeri Padang, 6(1), 1–5. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/view/104955
Published
2023-06-30
How to Cite
Mellnia E, D., Nurlizawati, N., & Syafrini, D. (2023). Objektivitas Penilaian Guru Pamong Pada Kompetensi Mahasiswa PLK Sosiologi 2021/2022 Universitas Negeri Padang di Kota Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(2), 190-198. https://doi.org/10.24036/nara.v2i2.148