Pengembangan LKPD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sosiologi Kelas XI IPS SMAN 1 Payung Sekaki Kabupaten Solok

  • Septivana Tia Ananda Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
Keywords: Discovery Learning, Effectifeness, Learning outcomes, Sociology

Abstract

Sociology learning with limited teaching material makes it difficult for students to find material, in addition unsatisfactory learning outcomes. Therefore it is necessary to design teaching materials that are able to improve students’ learning outcomes and achieve mastery of the material. One of the teching materials that can support the subject of sociology is the discovery inquiry based LKPD teaching material. This research on the development of LKPD is a type of RND research with the ADDIE development model consisting of: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. This research is based on construcrivism theory, namely building a modern culture life structure through the involvement of students to be active in the construction of meaning and knowledge. Based in the application of LKPD, student obtained a pretest with an average of 35,4 and an average posttest of 68,6, that of students’ critical thingking before and after learning. Then the normality test, homogeneity test and t test were carried out.

References

Akhiruddin dan Rosnatang. (2017). Strategi Pembelajaran sosiologi. Yogyakarta: Samudra Biru.
Amalia, N. F. dan Pujiastuti, E. (2013) “Kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu melalui model pbl,” Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, hal. 523–531.
Aprilia, E. (2016) “Pengembangan Lkpd Berbasis Inquiry Science Issues Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Kerjasama Peserta Didik Kelas Vii SmP,” Skripsi, 32(2002), hal. 159–162.
Beyer, B. K. (1995) “Critical Thinking,” Jurnal Phi Delta Kappa., hal. 7–33.
Borich, G. D. (1994) Observation Skill for Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.
Cahyo, A. N. (2013) Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual Dan Terpopuler. Jogjakarta: Divapres.
Djemari, M. (2012) Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Eko Putro, W. (2011) Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fauziah, E. (2017) “Perbedaan Kemampuan Berfikir Kristis Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Partisipasi dalam Kegiatan Ekstrakulikuler DI SMP NEGERI Se-Kecematan Gunungpati Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017,” Skripsi Uiversitas negeri Semarang.
Fitria Mardana, F. (2018) “Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 30 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017,” Tesis Magister Pendidikan Mateatika, 151(2), hal. 10–17.
Hamdani (2011a) Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamdani (2011b) Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hanafiah dan Suhuna (2012) Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Lawshe dalam Ahmad, z dan Mahmood, N. (1975) “A Quantitative Approach to Content Validity,” Jurnal of UPI.
Ma’rufi Arief, M. F. dan Wiyono, A. (2015) “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Pembelajaran Mekanika Teknik dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas X TGB SMK Negeri 2 Surabaya,” Pendidikan Teknik Bangunan, hal. 149.
Mulyatiningsih, E. (2012) Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung:
Akhiruddin dan Rosnatang. (2017). Strategi Pembelajaran sosiologi. Yogyakarta: Samudra Biru.
Amalia, N. F. dan Pujiastuti, E. (2013) “Kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu melalui model pbl,” Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, hal. 523–531.
Aprilia, E. (2016) “Pengembangan Lkpd Berbasis Inquiry Science Issues Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Kerjasama Peserta Didik Kelas Vii SmP,” Skripsi, 32(2002), hal. 159–162.
Beyer, B. K. (1995) “Critical Thinking,” Jurnal Phi Delta Kappa., hal. 7–33.
Borich, G. D. (1994) Observation Skill for Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.
Cahyo, A. N. (2013) Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual Dan Terpopuler. Jogjakarta: Divapres.
Djemari, M. (2012) Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Eko Putro, W. (2011) Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fauziah, E. (2017) “Perbedaan Kemampuan Berfikir Kristis Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Partisipasi dalam Kegiatan Ekstrakulikuler DI SMP NEGERI Se-Kecematan Gunungpati Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017,” Skripsi Uiversitas negeri Semarang.
Fitria Mardana, F. (2018) “Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 30 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017,” Tesis Magister Pendidikan Mateatika, 151(2), hal. 10–17.
Hamdani (2011a) Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamdani (2011b) Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hanafiah dan Suhuna (2012) Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Lawshe dalam Ahmad, z dan Mahmood, N. (1975) “A Quantitative Approach to Content Validity,” Jurnal of UPI.
Ma’rufi Arief, M. F. dan Wiyono, A. (2015) “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Pembelajaran Mekanika Teknik dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas X TGB SMK Negeri 2 Surabaya,” Pendidikan Teknik Bangunan, hal. 149.
Mulyatiningsih, E. (2012) Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Prastowo, A. (2014) Pengebangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis Dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Pratama, R. A. (2018) “Pengembangan Lembar Kerja P Eserta Didik (Lkpd) Berbasis Scaffolding Pada Materi Kalor untuk Melatih Pemahaman Konsep Peserta Didik,” Tesis Jurusan Pendidikan Fisika, 151(2), hal. 10–17.
Sapriya (2011) Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Schunk, D. H. (2012) Learning Theories An Education Perspective, Di Terjemahkan Oleh Eva Hamdiah, Rahmat Fajar, Dengan Judul Teori-Teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Setiawan, W. (2013) “Penerapan Model Pembelajaran Discovery-Inquiry untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMA,” Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia, 53(9), hal. 1689–1699.
Soerjono dan Soekanto (2007) Sosiologi Suatu Pengantar.
Sulaiman, A. dan Syakarofath, N. A. (2018) “Berpikir Kritis: Mendorong Introduksi dan Reformulasi Konsep dalam Psikologi Islam,” Buletin Psikologi, 26(2), hal. 86. doi: 10.22146/buletinpsikologi.38660.
Wijaya, E. Y. et al. (2016) “Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global,” 1, hal. 263–278.
Published
2022-06-30
How to Cite
Ananda, S. T., & Sylvia, I. (2022). Pengembangan LKPD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sosiologi Kelas XI IPS SMAN 1 Payung Sekaki Kabupaten Solok. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(2), 143-158. https://doi.org/10.24036/nara.v1i2.15