Pelaksanaan Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI IIS Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMAN 1 Tanjung Mutiara

  • Safira Safira Universitas Negeri Padang
  • Nurlizawati Nurlizawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Guided inquiry, Kemampuan Berpikir Kritis, Model pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IIS 1 SMAN I Tanjung Mutiara pada mata pelajaran Sosiologi. Untuk  itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IIS 1 dengan pelaksanaan penggunaan model pembelajaran Guided Inquiry pada materi Konflik sosial. Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1 SMAN 1 Tanjung Mutiara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes  dan panduan observasi untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa . Teknik analisa yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori konstruktivisme. Hasil penelitian pelaksanaan penggunaan model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dibuktikkan dengan meningkatnya hasil rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa. Yaitu pada kondisi awal rata-rata hasil persentase kemampuan berpikir kritis siswa yaitu sebesar 63,12 dan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model guided inquiry pada siklus I rata-rata skor persentase kemampuan berpikir kritis siswa meningkat mencapai angka 75,8, yang artinya terjadinya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 12,68% . Setelah penelitian dilanjutkan ke siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata  persentase 90,0 yang artinya terjadinya peningkatan 14,2% sehingga menjadikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS 1 SMAN 1 Tanjung  Mutiara termasuk ketagori baik.

References

Arikunto, S. (2006). Penilaian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Iman, R., Khaldun, I., & Nasrullah. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 52–58.
Jayadinata, A. K., Gusrayani, D., & Azizah, H. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 51–60.
Kepmendikbudristek. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Pemulihan Pembelajaran. Menpendikbudristek, 1–112. jdih.kemendikbud.go.id
Kunandar. (2010). Langkah- Langkah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Latifaatul Nur Azizah, L. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gender Pada Materi Pencemaran Lingkungan. PENSA E-JURNAL:PENDIDIKAN SAINS, 10(1), 161–166.
Marta Putra, D., & Nurlizawati, N. (2019). Lesson Study dalam Meningkatkan Ketrampilan 4C (Critical Thingking, Collaborative, Communicative dan Creative) pada Pembelajaran Sosiologi yang Terintegrasi ABS-SBK di SMAN 1 Pasaman. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 139–146. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i2.19
Ningsih, S. M., & Bambang, S. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning ( POGIL ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Physics Education Journa, 1(2), 44–52.
Nur Fajariyah, Budi Utami, dan H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 89–97.
Susilawati, E., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 6(1).
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2023-09-30
How to Cite
Safira, S., & Nurlizawati, N. (2023). Pelaksanaan Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI IIS Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMAN 1 Tanjung Mutiara. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(3), 255-261. https://doi.org/10.24036/nara.v2i3.150