Pelaksanaan Budaya Literasi di SMA Pertiwi 2 Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan budaya literasi di SMA Pertiwi 2 Padang. Pada penelitian ini, metode yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan ditentukan berdasarkan purposive sampling. Teknik analisis data adalah model Miles dan Huberman (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan). Teori yang digunakan untuk menganalisa permasalahan ini dengan menggunakan teori fungsionalisme struktural Talcot Parson, bahwa terdapat syarat-syarat fungsional, yaitu: adaptasi, pencapaian tujuan, integrasi, latensi. Hasil penelitian ini menunjukan pelaksanaan budaya literasi di SMA Pertiwi 2 Padang pelaksanaan budaya liteasi, terdiri dari bentuk kegiatan pelaksanaan, yaitu Perencanaan, membentuk tim literasi sekolah, menyediakan sarana dan prasarana, menyiapkan pendanaan serta membuat kurikulum atau silabus literasi. Pelaksanaan, program literasi yang dilakukan hari Senin, Rabu dan Jumat selama 45 menit (1 jam pelajaran) dimasukkan dalam pembelajaran sekolah. Evaluasi, evaluasi literasi diadakan setiap satu kali semester. Faktor pendukung pelaksanaan budaya literasi ini adalah sarana dan prasarana yang cukup memadai, kondisi lingkungan sekolah dan dukungan dari yayasan. Faktor penghambat adalah rendahnya minat dan kepedulian peserta didik terhadap pentingnya berliterasi.
References
Deri Novandi, Agus Trianto, dan Gumono. “No Title.” : 234–40.
Fauzi, Ahmad, and dkk. 2022. Suparyanto dan Rosad (2015 Metodologi Penelitian.
Islamia, Y Z. 2020. “Pengelolaan Program Literasi Sekolah Di SMKN 1 Al-Mubarkeya Ingin Jaya.” https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13949/.
Khoeriyah, Yuyun Siti, Rosiana Nurwa Indah, and Rifqi Zaeni Achmad Syam. 2021. “Efektivitas Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah Melalui Reading Challenge Di Sma Plus Al-Ghifari Bandung.” Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan dan Ilmu Informasi 2(2): 115–26.
Maunah, Binti. 2015. “Pendidikan Dalam Perspektif Struktural Konflik.” CENDEKIA: Journal of Education and Teaching 9(1): 71.
Minuchin. 2003. “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003.” 4: 147–73.
Moleong. 2005. “Data Primer, Yaitu Data Yang Diperoleh Dari Hasil Wawancara Secara Dan Pengamatan Secara Mendalam Kepada Para Informannya.” : 1.
Rijali, Ahmad. 2019. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17(33): 81.
Sari, Ika Fadilah Ratna. 2018. “Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.” Jurnal Pendidikan Dasar Islam 10(1): 90–99. https://media.neliti.com/media/publications/284534-konsep-dasar-gerakan-literasi-sekolah-pa-c73ded5b.pdf.
Yahya Maya Sari, Saptria Binaka. 2016. “Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode an-Nahdliyah Di Tpq Manba’Ul Hikam Kepatihan Tulungagung.” Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode an-Nahdliyah Di Tpq Manba’Ul Hikam Kepatihan Tulungagung: 43.