Penggunaan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMAN 1 Ranah Pesisir

  • Asri Nola Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
Keywords: Hasil belajar, Mata Pelajaran Sosiologi, Model Rotating Trio Exchange

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas X SMAN 1 Ranah Pesisir, karena pada saat peneliti melakukan PPL di SMAN 1 Ranah Pesisir banyak siswa yang kurang memperhatikan guru dalam menerangkan Pelajaran di depan kelas dan Sebagian besar jika di lihat dari hasil belajar siswa banyak yang di bawah Ketuntasan Kriteria Minimum (KKM) dalam artian kurang baik, makanya peneliti tertarik untuk menggunakan model pembelajaran Rotating Trio Exchange ini dalam proses pembelajaran sosiologi di SMAN 1 Ranah Pesisir. Penelitian ini dilakukan di kelas X.E.1 SMAN 1 Ranah Pesisir tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan reflaksi tiap siklusnya. Peneliti melakukan penelitian ini di kelas X.E.1 berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Rotating Trio Exchange dapat dilakukan dengan baik terbukti dari hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yang mana dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I berjumlah 69, 11 pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87, 58 dalam artian sangat baik. Hasil penelitiannya bahwa dengan penggunaan model Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi peserta didik pada kelas X SMAN 1 Ranah Pesisir.

References

Arikunto, S, S. & supardi. (2010). Penelitian Tindakan kelas. Bumi Aksara.

Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan kelas. Gaung Persada.

Nasir, M. A. (2022). Teori Konstruktivisme Piaget : Implementasi dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis. JSG: Jurnal Sang Guru, 1(3), 215–223. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/jsg/index
Sanjaya. (2013). Penelitian Pendidikan.

Arikunto, S, S. & supardi. (2010). Penelitian Tindakan kelas. Bumi Aksara.

Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan kelas. Gaung Persada.

Nasir, M. A. (2022). Teori Konstruktivisme Piaget : Implementasi dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis. JSG: Jurnal Sang Guru, 1(3), 215–223. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/jsg/index
Sanjaya. (2013). Penelitian Pendidikan.
Published
2023-12-12
How to Cite
Nola, A., & Sylvia, I. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMAN 1 Ranah Pesisir. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(4), 340-348. https://doi.org/10.24036/nara.v2i4.173