Pengaruh Model Snowball Throwing terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas X MIPA 5 SMAN 4 Padang Tahun Pembelajaran 2022/2023

  • Yulia Agustina Universitas Negeri Padang
  • Nurlizawati Nurlizawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Keaktifan, Snowball Throwing, Sosiologi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah, kurangya variasi model pelmbelajaran yang digunakan menyebabkan timbulnya rasa bosan siswa dalam melngikuti pembelajaran dan siswa hanya berperan sebagai pendengar saja sehingga penguasaan materi yang diberikan sangat terbatas sehingga menyebabkan rendahnya tingkat keaktifan belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing berbasis Quizizz terhadap keaktifan belajar siswa kelas X MIPA 5 SMAN 4 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kognitif belajar bermakna David Ausubel. Dimana teori ini menjelaskan tentang belajar bermakna (meaningful learning) teori ini sejalan dengan judul penelitian dimana mengharapkan memberikan kebermaknaan dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang baru dan interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Model penelitian menggunakan model penelitian MC Taggart yang yang terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan reflelksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 5 SMAN 4 Padang tahun pelajaran 2022/2023 delngan jumlah siswa 36 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, lembar observasi serta dokumentasi. Analisis data kuantitatif dari penelitian ini diperoleh dari lembar observasi guna untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis quizizz terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X MIPA 5 SMA 4 Padang dengan menggunakan rumus. Hasil pelnelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat melningkatkan keaktifan siswa. Peningkatan terjadi pada setiap siklus mengalami peningkatan sebesar dari pra siklus keaktifan belajar siswa hanya 14,27%, setelah di lakukan siklus I meningkat Menjadi 39,07% namun belum mencapai nilai minimum dan pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 76,75%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat melningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X MIPA 5 SMAN 4 Padang tahun ajaran 2022/2023.

References

Kanza, N. R. F., Lelsmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Kelaktifan Bellajar Siswa Melnggunakan Modell Projelct Baseld Lelarning Delngan Pelndelkatan Stelm Pada Pelmbellajaran Fisika Matelri Ellastisitas Di Kellas Xi Mipa 5 Sma Nelgelri 2 Jelmbelr. Jurnal Pelmbellajaran Fisika, 9(2), 71.

Rusiadi. (2020). Variasi Meltodel Dan Meldia Pelmbellajaran. Jurnal Alwatzikhoelbillah: Kajian Islam, 6(2), 10–21.
Us Tawardjono dan Yulfika. (2018). pelnelrapan modell snowball throwing untuk melningkatkan kelaktifan dan hasil bellajar. Jurnal Pelndidikan Telknik Otomotif Eldisi XXIV, Nomor 2.
Published
2023-11-30
How to Cite
Agustina, Y., & Nurlizawati, N. (2023). Pengaruh Model Snowball Throwing terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas X MIPA 5 SMAN 4 Padang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(4), 270-280. https://doi.org/10.24036/nara.v2i4.176