Rendahnya Keaktifan Belajar Siswa Pada Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Sosiologi

  • Dara Anggraini Universitas Negeri Padang
  • Desri Nora Universitas Negeri Padang
Keywords: Keaktifan Belajar, Problem Based Learning, Sosiologi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa kelas X 2 pada penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran sosiologi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor penyebab rendahnya keaktifan belajar siswa pada penerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini dianalisis menggunankan Teori Konstruktivisme yang dikemukakan Lev Vygotsky. Teori ini menekankan pentingnya konteks sosial dan lingkungan dalam proses belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Padang Gelugur dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 17 orang. Pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Proses analis data dilakukan dengan model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu mereduksi data, mendisplay data dan penarikan kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning yang dilaksanakan di kelas X 2 terdapat tantangan dalam keaktifan siswa yaitu kurangnya kerja sama siswa dalam menyelesaikan masalah, kurangnya keaktifan siswa dalam bertanya dan menyampaikan pendapat.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.
Arbainah. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Islam di SMKS Bebunga Estate . 3(65), 58–67.
Ariyani, O. W., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. 5(3), 1149–1160.
Arikunto, S., 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Auliah, F. N., Febriyanti, N., & Rustini, T. (2023). Analisis Hambatan Guru dalam Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS Kelas IV di SDN 090 Cibiru Bandung. 05(02), 2025–2033.
Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (n.d.). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Ar Ruzz Media.
Busa, E. N. (2023). Faktor yang mempengaruhi kurangnya keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di kelas. 2(2).
Dirman, & Juarsih, C. (2014). Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran Yang Mendidik. Rineka Cipta.
Ginanjar, E. G., Darmawa, B., & Sriyono. (2019). faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya partisipasi belajar peserta didik smk. 6(2), 206–219.
Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara.
Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. 1(1), 1–13.
Magdalena, I., Fauziah, S., Sari, P. W., & Berliana, N. (n.d.). Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. 2, 283–295.
Meilasari, S., M, D., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran diSsekolah. 3(3), 195–207.
Nurhidayah. (2017). Psikologi Pendidikan. Universitas Negeri Malang.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Mengajar. Bandung: Alfabeta
Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Kelas XI IPS 1. 4(3), 358–369.
Risanatul, & Junaidi, J. (2022). Penyebab Peserta Didik Tidak Berpartisipasi Aktif dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS 1. 1, 327–335.
Sardiman. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Rajagrafindo Persada.
Sareong, I. P. (2020). Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMA Kristen Pelita Kasih Makassar. 1(1), 29–42. https://doi.org/10.25278/jitpk.v1i1.466
Sasmita, L., & Ahmad, M. R. S. (n.d.). Faktor Penyebab Ketidakaktifan Siswa Kelas XI IPS 4 dalam Proses Belajar Mengajar di SMA Negeri 12 Makasar. 100–105.
Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. VI(2), 93–99.
Simarmata, H. H., Hasni, & Indrayani. (2022). Meningkatkan Keaktifan Diskusi Siswa Melalui Metode Problem Based Learning di Kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Sumatera Utara. 4(2), 310–319.
Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan Implikasi dalam Pembelajaran. Rajawali Pers.
Wayan, N., & Wahyuni, S. (2019). Penerapan Model Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. 2(2019), 12–22.
Published
2024-09-13
How to Cite
Anggraini, D., & Nora, D. (2024). Rendahnya Keaktifan Belajar Siswa Pada Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Sosiologi. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(3), 337-343. https://doi.org/10.24036/nara.v3i3.197