Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri 6 Solok

  • Nia Safira Universitas Negeri Padang
  • Nurlizawati Nurlizawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Aplikasi Kahoot, Hasil Belajar, Model Jigsaw

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar di SMAN 6 Solok Selatan khususnya di kelas XI IPS I. Upaya yang tepat untuk mengatasi masalah hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw berbantuan aplikasi kahoot. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran sosiologi selama proses pembelajaran menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw berbantuan aplikasi kahoot. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan di lakukan pada kelas XI IPS I. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi, tes, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan membandingkan presentase ketuntasan belajar. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah teori konstruktivisme dari vygosky dan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Setelah penerapan model dan media tersebut meningkat pada siklus I sebesar 50,82%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 80,5%. Dengan demikian, data hasil peningkatan hasil belajar siswa akan dilihat melalui pretest dan posttest dari siklus 1 ke siklus 2 dalam 4 kali pertemuan. Setelah dilakukan penelitian diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw berbantuan aplikasi kahoot dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Aderibigbe. 201 8. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Min 3 Aceh Besar.”
Astari, Asnidar. 2017. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi kelompok Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Pokok Shalat Jumat Di Kelas V11 DI Mts. Al-Hasanah Medan.” : 1–14.
Bahar, Herwina, Dewi Setiyaningsih, Laily Nurmalia, and Linda Astriani. 2020. “Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Kacanegara Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 3(2): 155–62.
Crystallography, X-ray Diffraction. 2016. “済無No Title No Title No Title.” 1(2): 1–23.
Darmawati, Diana. 2014. “Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani.” Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan Tahun 2014 3(2004): 121–28.
Engel. 2014. “Perkembangan Kurikulum.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents: 1–7.
Fabiana Meijon Fadul. 2019. “Peningkatan Kualitas Belajar.” : 30–38.
Fadhly. 2014. “Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw.” Indonesian Journal of History Education 1(2): 11–24.
Hardani. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: C.V Pustaka Ilmu.
Engel. 2014. “Perkembangan Kurikulum.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents: 1–7.
Fabiana Meijon Fadul. 2019. “Peningkatan Kualitas Belajar.” : 30–38.
Fadhly. 2014. “Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw.” Indonesian Journal of History Education 1(2): 11–24.
Hardani. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: C.V Pustaka Ilmu.
Published
2024-09-13
How to Cite
Safira, N., & Nurlizawati, N. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri 6 Solok. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(3), 202-209. https://doi.org/10.24036/nara.v3i3.208