Implementasi Project Penguatan Profil Pancasila Tema “Kearifan Lokal: Suduik Bakaba Minangkabau” Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Padang

  • Annisa Zikhratul Hamda Universitas Negri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang
Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Suduik Bakaba

Abstract

Kurikulum Merdeka dirancang dan diterapkan sebagai upaya mengatasi masalah dalam sistem pendidikan Indonesia. Kurikulum Merdeka ini menekankan pengembangan keterampilan abad ke-21 dalam era revolusi 4.0 dengan pemahaman konsep melalui pembelajaran intrakulikuler dan keterampilan proses melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). SMAN 2 Padang merupakan salah satu sekolah penggerak yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka yang melaksanakan Projek Penguatan Profil Pancasila yang bertemakan kearifan lokal yaitu " Suduik Bakaba Minangkabau". Namun bagaimana pelaksanaan projek suduik bakaba sesuai dengan perencanaan yang telah direncanakan oleh pihak sekolah dan apakah projek ini berjalan dengan lancar sesuai dengan kondisi sekolah dan yang paling penting bagaimana pengimplementasian P5 pada peserta didik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. teknik pemilihan informan data digunakan yaitu purposive sampling. informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, guru bidang studi serta pihak pihak guru lainnya yang terlibat dalam projek suduik bakaba ini. data penelitian dianalisis menggunakan teori stuktural fungsional dari Talcott Parson melalui skema AGIL (adaptation, goal, integrated and latency). Hasil penelitianini menunjukkan bahwa terdapat penjelasan apa itu projek suduik bakaba minangkabau, apa profil pelajar pancasila yang berkaitan dengan projek suduik bakaba tersebut. dalam hasil penelitian ini juga menjelaskan apa saja tema suduik bakaba yang dilaksanakan di sekolah SMAN 2 Padang. Serta mendeskripsikan tahapan kegiatan yang dilakukan dalam projek suduik bakaba dimulai dari tahap pengenalan, tahap konteksualisasi, tahap perencanaan, tahap aksi dan tahap refleksi. serta menjabarkan kegiatan dari suduik bakaba dimulai dari kegiatan pendahuluan , kegiatan inti dan kegiatan penutup. dan juga apa saja faktor keberhasilan dari pelaksanaan projek suduik bakaba minangkabau dan pengaruh implementasi projek P5 suduik bakaba minangkabau terhadap pendidikan karakter peserta didik

References

Abdul Rahmat, Isa, A. H., & Arbarini, I. M. (2021). MODEL MITOGASI LEARNING LOSS ERA COVID 19 (Alviana (ed.); edisi 1 ok). Samudra Biru.
Asiati, S. (2022). Indonesia melalui Kementerian Pendidikan , Kebudayaan , Riset dan Teknologi memiliki Visi karakteristik kurikulum Merdeka yaitu adanya projek penguatan profi l Pancasila . Kurikulum Merdeka peserta didik pada satuan pendidikan .( Sari et al ., 2022 ). dal. 19(2), 61–72.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
Festiyed, F., Diliarosta, S., Elvianasti, M., & Anggana, P. (2022). Pemahaman Guru Biologi SMA di Sekolah Penggerak DKI Jakarta terhadap Pendekatan Etnosains pada Kurikulum Merdeka Understanding of Senior High School Biology Teachers in DKI Jakarta on Ethnoscience Approach to Kurikulum Merdeka. 7, 8–11. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2993
Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 6(5), 7840–7849.
Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642
Harsono. (2002). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. Vol. 5 No. 02, Desember 2019, 173-190 Copyright © 2019 ∣ Tarbawi ∣ p-ISSN 2442-8809 ∣ e-ISSN 2621-9549.
Hasbulloh. (2007). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKADALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. JOELISSN: 2807-937X (Online)Journal of Educational and Language ResearchVol.1, No.12,Juli2022.
Inayati, U. (2022). Konsep dan Implentasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(8.5.2017), 2003–2005.
Indrawati, D. (2020). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKADALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. JOELISSN: 2807-937X (Online)Journal of Educational and Language ResearchVol.1, No.12,Juli2022 OlehUjang Cepi Barlian,Siti Solekah,Puji RahayuUniversitas Islam Nusantara.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
JAMILAH, W. (2022). AKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. SINAR HALOMOAN DALAM MENGEMBANGKAN FASLITAS PENDIDIKAN DI DESA PASIR JAE KECAMATAN SOSA KABUPATEN PADANG LAWAS. SKRIPSI.
K Mushoffa. (2021). Peran Bimbingan Keberagamaan Orang Tua dalam Mengatasi Perilaku Konsumtif Remaja di Desa Mayong Lor. 13–29.
Kaharuddin. (2021). Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium : Jurnal Pendidikan, 9(1).
Kemendikbud. (2021). SEKOLAH PENGGERAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 228–236.
Maharani, et al. (2021). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. JURNALBASICEDUVolume 6Nomor 3Tahun 2022Halaman3639 -3648Research & LearninginElementary Education Iis Nurasiah1, Arita Marini2, Maratun Nafiah3,Nugraheni Rachmawati4Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia1Universitas Negri Jakarta, Indonesia.
Manalu, J. (2022). Program Pendidikan Guru Penggerak : Pijakan Kurikulum Merdeka Sebagai Implementasi Merdeka Belajar Driving Teacher Education Program : the Foundation of Freedom. Pendar: Jurnal Pengajaran Dan Riset, 02(01), 34–43. http://103.138.15.157/index.php/pendar/article/view/20%0Ahttp://103.138.15.157/index.php/pendar/article/download/20/16
Maunah, B. (2015). PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF STRUKTURAL KONFLIK. CENDEKIA, 9(1), 71–78.
Ngurah, S. I. G., Program Studi Seni Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, I. S. I., Made, A. N., & Luh, S. N. (2022). PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) MELALUI PENCIPTAAN KARYA SENI TARI GULMA PENIDA PADA KURIKULUM MERDEKA.
Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16–31. https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580
Pamoentjak, S., & Pangeran, M. K. S. (1990). Nilai budaya Minangkabau dalam Kaba “ Rancak Dilabuah ” disertai perbandingan naskah.
Pesurnay. (2018). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. JURNALBASICEDUVolume 6Nomor 3Tahun 2022Halaman3639 -3648Research & LearninginElementary Education.
Putri Ayu Anisatus Shalikha. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), 86–93.
Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian (A. amin Efendy (ed.)). Cipta Medika Nusantara (CMN), 2021. www.ciptapublishing.com
Ritzer, G. (2014). Teori Sosiologi Modren. kencana.
Setiadi. (2019). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. JURNALBASICEDUVolume 6Nomor 3Tahun 2022Halaman3639 -3648Research & LearninginElementary Education Is Nurasiah1, Arita Marini2, Maratun Nafiah3,Nugraheni Rachmawati4Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia1Universitas Negri Jakarta, Indonesia.
Sofyan. (2020). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Jurnal Edumaspul, 6 (1), Year 2022 - 1225 (Dini Irawati, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, Bambang Samsul Arifin), 1, 1224–1238.
Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486–7495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510
Sugiyono. (2007a). Buku Metode Penelitian Kualitatif (M. S. Dr. Patta Rapanna, SE. (ed.)). @Syakir Media Press.
Sugiyono. (2007b). Metode Penelitian Kualitatif. In Metode Penelitian Kualitatif @Syakir Media Press (p. 142).
Sugiyono. (2017). SENI MENGELOLA DATA: PENERAPAN TRIANGULASI TEKNIK, SUMBER DAN WAKTU PADA PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAl. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah Http://Journal.Ummat.Ac.Id/Index.Php/Histo, 5, 46–150.
Sukma, U., & Desinta, D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai. 8(2), 12–28.
Sulistiawati, et all. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Enam Dimensi Karakter di PAUD. 4(3), 1534–1542.
Sumaludin1, M. M., Rahmawati2, F., & Iqbal Barkah Pangestu3. (2022). TRADISI KULINER BERAS SINGKONG KAMPUNG ADAT CIREUNDEU CIMAHI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS ETNOPEDAGOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS.
Supriyadi, A., Ningsih, I. W., Alawi, D., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Nawa Cita Sebagai Core Value Pendidikan Karakter Berbasis Budaya. 5(September), 3755–3763.
Susanto, H. P. (2021). Pandemic dan Anak Bangsa Menjadi Pintar ( tim saqhiva Publishing (ed.); edisi 1 ma).
Susilawati, E., & Sarifuddin, S. (2021). Internalization of Pancasila Values in Learning through Implementation of Pancasila Student Profile with “ Merdeka Mengajar ” Platform. Jurnal TEKNODIK, 25(2), 155–168.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Ujang Cepi Barlian, Siti Solekah, P. R., & Nusantara, U. I. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKADALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Journal of Educational and Language ResearchVol.1, No.12,Juli2022.
Usman, S. (2015). Sosiologi : Sejarah, Teori dan Metodologi. digilib.fisipol.ugm.ac.id
Wachidah, L., Putikadyanto, A. P. A., Kusumawati, H., & Adebia, I. C. (2023). Karakter Pelajar Pancasila sebagai Penanggulangan Dekandensi Moral dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 386–405. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.8196
Wahab. (2008). Implementasi Kebijakan PendidikanThe Implementation of Educational Policies. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan Volume30 Nomor 2 Tahun 2020 Implementasi Kebijakan PendidikanP-ISSN: 1858-2125(Elih Yuliah.
Walidin, Saifullah, & Tabrani. (2015). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 77.
Winartha, I. M. (2006). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi penjualan dan Persediaan pada Koperasi Mahasiswa UIN Maliki Malang. SKRIPSI, 155.
Wiratmaja, et al. (2021). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. JURNALBASICEDUVolume 6Nomor 3Tahun 2022Halaman3639 -3648Research & LearninginElementary Education Is Nurasiah1, Arita Marini2, Maratun Nafiah3,Nugraheni Rachmawati4Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia1Universitas Negri Jakarta, Indonesia.
Zuhron, D. (2021). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. JURNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022 Halaman 3639 - 3648 Research & Learning in Elementary Education Https://Jbasic.Org/Index.Php/ Iis Nurasiah1, Arita Marini2 , Maratun Nafiah3 , Nugraheni Rachmawati4 Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia1.
Abdul Rahmat, Isa, A. H., & Arbarini, I. M. (2021). MODEL MITOGASI LEARNING LOSS ERA COVID 19 (Alviana (ed.); edisi 1 ok). Samudra Biru.
Asiati, S. (2022). Indonesia melalui Kementerian Pendidikan , Kebudayaan , Riset dan Teknologi memiliki Visi karakteristik kurikulum Merdeka yaitu adanya projek penguatan profi l Pancasila . Kurikulum Merdeka peserta didik pada satuan pendidikan .( Sari et al ., 2022 ). dal. 19(2), 61–72.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
Festiyed, F., Diliarosta, S., Elvianasti, M., & Anggana, P. (2022). Pemahaman Guru Biologi SMA di Sekolah Penggerak DKI Jakarta terhadap Pendekatan Etnosains pada Kurikulum Merdeka Understanding of Senior High School Biology Teachers in DKI Jakarta on Ethnoscience Approach to Kurikulum Merdeka. 7, 8–11. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2993
Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 6(5), 7840–7849.
Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642
Harsono. (2002). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. Vol. 5 No. 02, Desember 2019, 173-190 Copyright © 2019 ∣ Tarbawi ∣ p-ISSN 2442-8809 ∣ e-ISSN 2621-9549.
Hasbulloh. (2007). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKADALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. JOELISSN: 2807-937X (Online)Journal of Educational and Language ResearchVol.1, No.12,Juli2022.
Inayati, U. (2022). Konsep dan Implentasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(8.5.2017), 2003–2005.
Indrawati, D. (2020). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKADALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. JOELISSN: 2807-937X (Online)Journal of Educational and Language ResearchVol.1, No.12,Juli2022 OlehUjang Cepi Barlian,Siti Solekah,Puji RahayuUniversitas Islam Nusantara.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
JAMILAH, W. (2022). AKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. SINAR HALOMOAN DALAM MENGEMBANGKAN FASLITAS PENDIDIKAN DI DESA PASIR JAE KECAMATAN SOSA KABUPATEN PADANG LAWAS. SKRIPSI.
K Mushoffa. (2021). Peran Bimbingan Keberagamaan Orang Tua dalam Mengatasi Perilaku Konsumtif Remaja di Desa Mayong Lor. 13–29.
Kaharuddin. (2021). Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium : Jurnal Pendidikan, 9(1).
Kemendikbud. (2021). SEKOLAH PENGGERAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 228–236.
Maharani, et al. (2021). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. JURNALBASICEDUVolume 6Nomor 3Tahun 2022Halaman3639 -3648Research & LearninginElementary Education Iis Nurasiah1, Arita Marini2, Maratun Nafiah3,Nugraheni Rachmawati4Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia1Universitas Negri Jakarta, Indonesia.
Manalu, J. (2022). Program Pendidikan Guru Penggerak : Pijakan Kurikulum Merdeka Sebagai Implementasi Merdeka Belajar Driving Teacher Education Program : the Foundation of Freedom. Pendar: Jurnal Pengajaran Dan Riset, 02(01), 34–43. http://103.138.15.157/index.php/pendar/article/view/20%0Ahttp://103.138.15.157/index.php/pendar/article/download/20/16
Maunah, B. (2015). PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF STRUKTURAL KONFLIK. CENDEKIA, 9(1), 71–78.
Ngurah, S. I. G., Program Studi Seni Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, I. S. I., Made, A. N., & Luh, S. N. (2022). PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) MELALUI PENCIPTAAN KARYA SENI TARI GULMA PENIDA PADA KURIKULUM MERDEKA.
Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16–31. https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580
Pamoentjak, S., & Pangeran, M. K. S. (1990). Nilai budaya Minangkabau dalam Kaba “ Rancak Dilabuah ” disertai perbandingan naskah.
Pesurnay. (2018). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. JURNALBASICEDUVolume 6Nomor 3Tahun 2022Halaman3639 -3648Research & LearninginElementary Education.
Putri Ayu Anisatus Shalikha. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), 86–93.
Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian (A. amin Efendy (ed.)). Cipta Medika Nusantara (CMN), 2021. www.ciptapublishing.com
Ritzer, G. (2014). Teori Sosiologi Modren. kencana.
Setiadi. (2019). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. JURNALBASICEDUVolume 6Nomor 3Tahun 2022Halaman3639 -3648Research & LearninginElementary Education Is Nurasiah1, Arita Marini2, Maratun Nafiah3,Nugraheni Rachmawati4Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia1Universitas Negri Jakarta, Indonesia.
Sofyan. (2020). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Jurnal Edumaspul, 6 (1), Year 2022 - 1225 (Dini Irawati, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, Bambang Samsul Arifin), 1, 1224–1238.
Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486–7495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510
Sugiyono. (2007a). Buku Metode Penelitian Kualitatif (M. S. Dr. Patta Rapanna, SE. (ed.)). @Syakir Media Press.
Sugiyono. (2007b). Metode Penelitian Kualitatif. In Metode Penelitian Kualitatif @Syakir Media Press (p. 142).
Sugiyono. (2017). SENI MENGELOLA DATA: PENERAPAN TRIANGULASI TEKNIK, SUMBER DAN WAKTU PADA PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAl. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah Http://Journal.Ummat.Ac.Id/Index.Php/Histo, 5, 46–150.
Sukma, U., & Desinta, D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai. 8(2), 12–28.
Sulistiawati, et all. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Enam Dimensi Karakter di PAUD. 4(3), 1534–1542.
Sumaludin1, M. M., Rahmawati2, F., & Iqbal Barkah Pangestu3. (2022). TRADISI KULINER BERAS SINGKONG KAMPUNG ADAT CIREUNDEU CIMAHI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS ETNOPEDAGOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS.
Supriyadi, A., Ningsih, I. W., Alawi, D., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Nawa Cita Sebagai Core Value Pendidikan Karakter Berbasis Budaya. 5(September), 3755–3763.
Susanto, H. P. (2021). Pandemic dan Anak Bangsa Menjadi Pintar ( tim saqhiva Publishing (ed.); edisi 1 ma).
Susilawati, E., & Sarifuddin, S. (2021). Internalization of Pancasila Values in Learning through Implementation of Pancasila Student Profile with “ Merdeka Mengajar ” Platform. Jurnal TEKNODIK, 25(2), 155–168.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Ujang Cepi Barlian, Siti Solekah, P. R., & Nusantara, U. I. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKADALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Journal of Educational and Language ResearchVol.1, No.12,Juli2022.
Usman, S. (2015). Sosiologi : Sejarah, Teori dan Metodologi. digilib.fisipol.ugm.ac.id
Wachidah, L., Putikadyanto, A. P. A., Kusumawati, H., & Adebia, I. C. (2023). Karakter Pelajar Pancasila sebagai Penanggulangan Dekandensi Moral dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 386–405. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.8196
Wahab. (2008). Implementasi Kebijakan PendidikanThe Implementation of Educational Policies. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan Volume30 Nomor 2 Tahun 2020 Implementasi Kebijakan PendidikanP-ISSN: 1858-2125(Elih Yuliah.
Walidin, Saifullah, & Tabrani. (2015). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 77.
Winartha, I. M. (2006). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi penjualan dan Persediaan pada Koperasi Mahasiswa UIN Maliki Malang. SKRIPSI, 155.
Wiratmaja, et al. (2021). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. JURNALBASICEDUVolume 6Nomor 3Tahun 2022Halaman3639 -3648Research & LearninginElementary Education Is Nurasiah1, Arita Marini2, Maratun Nafiah3,Nugraheni Rachmawati4Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia1Universitas Negri Jakarta, Indonesia.
Zuhron, D. (2021). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. JURNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022 Halaman 3639 - 3648 Research & Learning in Elementary Education Https://Jbasic.Org/Index.Php/ Iis Nurasiah1, Arita Marini2 , Maratun Nafiah3 , Nugraheni Rachmawati4 Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia1.
Published
2024-09-13
How to Cite
Hamda, A. Z., & Fernandes, R. (2024). Implementasi Project Penguatan Profil Pancasila Tema “Kearifan Lokal: Suduik Bakaba Minangkabau” Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(3), 229-239. https://doi.org/10.24036/nara.v3i3.212