Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya (Studi Kasus SMAN 8 Padang)

  • Yoan Valenza Universitas Negeri Padang
  • Desri Nora Universitas Negeri Padang
Keywords: Bangunlah Jiwa dan Raganya, Implementasi, P5

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakberhasilan SMAN 8 Padang dalam mengimplementasikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya". Meski P5 telah dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, namun siswa belum menunjukkan sikap Profil Pelajar Pancasila, seperti kemampuan bernalar kritis dan sikap antibullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan P5 di SMAN 8 Padang dengan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Purposive sampling digunakan untuk memilih informan, termasuk wakil kurikulum, koordinator, fasilitator, dan peserta didik. Teori struktural fungsional Talcott Parsons digunakan untuk menganalisis data, dengan hasil yang menunjukkan beberapa kendala dalam implementasi, seperti kejenuhan siswa, alokasi waktu yang kurang jelas, dan modul proyek yang tidak tepat. Masalah juga muncul dari pemilihan fasilitator yang kurang relevan dengan tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya".

References

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78
Batubara, J. (2017). Paradigma penelitian kualitatif dan filsafat ilmu pengetahuan dalam konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 95–107.
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 3222–3229. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2581
Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 597–602.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.
Iswadi, M. P., Karnati, N., Ahmad Andry, B., & Adab, P. (2023). STUDI KASUS Desain Dan Metode Robert K. Yin. Penerbit Adab.
Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289
Maulidi, M. H., & Rukajat, A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Profil Pelajar Pancasila SMAN 1 Telukjambe. … : Jurnal Pendidikan Dan …, 14(2), 132–140. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i2.1938
Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. 112.
Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 13(2), 177–181.
Nimastuti, A. (2016). Analisis teori AGIL dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SD Negeri 10 Pangkalpinang. Universitas Bangka Belitung.
Piscayanti, K. S. (2014). Studi Dokumentasi Dalam Proses Produksi Pementasan Drama Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(2–3), 94–103.
Prasetyo, D., Marzuki, & Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. 4(1), 19–32.
Putra, Z., Wajdi, F., Fazhillah, N., Wahana, S., Sembilanbelas, U., Kolaka, N., Tenggara, S., & Tenggara, S. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Wundulako Kabupaten Kolaka. 6(3), 5315–5321.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif.
Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rifqo, M. H., & Wijaya, A. (2017). Implementasi Algoritma Naive Bayes Dalam Penentuan Pemberian Kredit. Pseudocode, 4(2), 120–128. https://doi.org/10.33369/pseudocode.4.2.120-128
Saleh, S. (2017). Analisis data kualitatif. Pustaka Ramadhan, Bandung.
Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., & Imawati, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01), 84–90. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/127/35
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan.
Septiani, A., Novaliyosi, & Hepsi, N. (2022). Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari pembelajaran matematika dan pelaksanaan P5 (studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang). 13(3), 421–435.
Shalikha, P. A. A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. 15(2), 86–93.
Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705
Sugiyono, M. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sukma Ulandari, D. D. R. (2023). JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai. 8(2), 116–132.
Wakarmamu, T., & Si, S. M. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Penerbit Cv.Eureka Media Aksara.
Published
2024-09-13
How to Cite
Valenza, Y., & Nora, D. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya (Studi Kasus SMAN 8 Padang). Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(3), 272-282. https://doi.org/10.24036/nara.v3i3.216