Upaya Peningkatan Minat Belajar Sosiologi Siswa Melalui Media Explosion Box di Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Pariaman
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar sosiologi siswa di SMAN 5 Pariaman khususnya di kelas XI F4. Upaya yang tepat untuk mengatasi masalah minat belajar siswa adalah dengan menggunakan media kotak ledakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan minat belajar sosiologi siswa selama proses pembelajaran sosiologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sampel penelitian sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah teori behavioristik dari Thorndike dan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media kotak ledakan dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas. Setelah penerapan media kotak ledakan meningkat pada siklus 1 sebesar 60,00%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 79,17%. Dengan demikian, data hasil peningkatan minat belajar sosiologi siswa akan dilihat melalui pretest dan posttest dari siklus 1 ke siklus 2 dalam 4 kali pertemuan. Setelah dilakukan penelitian diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan media ledakan box dapat meningkatkan minat belajar siswa karena siswa menjadi lebih aktif dan terlibat secara keseluruhan ketika menjalani proses pembelajaran sosiologi di kelas.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. https://cir.nii.ac.jp/crid/1130000795354347648
Efiani, N. (2020). Penggunaan Media Explosion Box Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring SD Negeri 69 Banda Aceh. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan (Vol. 1, Issue 1). https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/75
Elsa Susanti. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing Promting Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI. IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal pendidikan matematika raflesia (2) 1. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/3105
Handayani, S. (2016). Pengaruh Perhatian Orangtua Dan Minat Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar MAtematika Siswa. In Jurnal Formatif (Vol. 6, Issue 2). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/948
Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan. Journal Of Information Systems And Management , 02(05), 85–88. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/840
Mulyasa, E. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._Pend_Bhs._Dan_Sastra_Indonesia/194103191.965031-Yoyo_Mulyana/Penelitian_Tindakan_Kelas_[Compatibility_Mode].pdf
Nabilla, F., & Nora, D. (2022). Penerapan Media Explosion Box dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XI IPS 1 Pada Pelajaran Sosiologi di SMA N 6 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 305–314. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.51
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/index
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Copyright (c) 2024 Ruhil Handayani & Ike Sylvia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.