Pengaruh Model Pembelajaran SOLE (Self-Organised Learning Environment) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi di Fase E SMA Negeri 1 Nan Sabaris

  • Sinta Kharisma Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, SOLE, Pengaruh, Sosiologi

Abstract

This experimental quantitative study investigates the impact of the Self-Organized Learning
Environment (SOLE) Learning Model on students' problem-solving abilities in Phase E
Sociology subjects. Two classes were chosen: X.E 6 as the experimental group and X.E 8 as the
control group. The research used four essay-based test questions, including a pretest. The
results revealed a significant improvement in student problem-solving outcomes, evidenced by
the pretest and posttest scores. The average pretest score was 34,72, while the average posttest
score was 67,12, showing an increase of 32,4 points. The sample class data showed normality and
homogeneity. A t-test at a significance level of 0.05, with Tcount (4,01) greater than Ttable (1.99),
confirmed the hypothesis. The N-gain score analysis indicated an average N-gain score of 51. for
the sample class, which falls into the medium category. In conclusion, the SOLE model
significantly enhances student problem-solving abilities in Phase E at SMA Negeri 1 Nan Sabaris.

References

Al Ayyubi, I. I., Nudin, E., & Bernard, M. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika
Inovatif), 1(3), 355-360.
Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi
matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1),
31-39.
Handayani, D. R., Apriyanto, B., & Astutik, S. (2023). Pengaruh Model Self-Organized Learning
Environment Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi di SMA. Geodika: Jurnal
Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 7(1), 108-117.
HAR, T. (2023). PENGARUH PERPADUAN MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN PEER TEACHING
TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI
SMAN 1 MATARAM (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).
Harahap, M. S., & Nasution, S. R. A. (2019). Penerapan Flipped Classrom Berbasis Youtube Di Prodi
Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Jurnal Education and
Development, 7(3), 1-1.
Hasmani, T., Sari, I. M., Asha, A. N., Saputra, R., Lestari, P. A., & Amelia, L. (2023). SOSIOLOGI
PEDESAAN SUATU PENGANTAR. Penerbit Tahta Media.
Hendrowati, T. Y. (2015). Pembentukan pengetahuan lingkaran melalui pembelajaran asimilasi dan
akomodasi teori konstruktivisme Piaget. JURNAL e-DuMath, 1(1).
Irda, W. P. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS)
TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATA
PELAJARAN FISIKA KELAS XI SMA (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Jaedun, A. (2011). Metodologi penelitian eksperimen. fakultas teknik. universitas negeri yogyakarta.
Jainuri, M. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah. Academia Edu, 1-7.
Lailaturrahma, S., Surur, M., & Munawwir, Z. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two
Stay Two Stray Berbantuan Mind Maping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada
Pembelajaran Sosiologi Kelas X (Sepuluh) Ma Nurul Fata Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal on
Education, 5(3), 5785-5794.
Lukum, A. (2019, December). Pendidikan 4.0 di era generasi Z: Tantangan dan solusinya. In
Prosiding Seminar Nasional Kimia Dan Pendidikan Kimia (Vol. 2, No. Back Issue, pp. 1-3).
Maryani, M., Nisak, M. S., & Supriadi, B. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Web
Google Sites Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa SMA Pokok Bahasan
Gelombang Bunyi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2136-2144.
Murti, V. K. (2019). PENGARUH METODE PENDIDIKAN KESEHATAN DEMONSTRASI DENGAN
MEDIA SHORT EDUCATION MOVIE (SEM) TERHADAP PERILAKU PERAWATAN LUKA PADA ANAK
USIA SEKOLAH PENELITIAN QUASI-EKSPERIMENTAL (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Natsir, N. (2017). Hubungan psikolinguistik dalam pemerolehan dan pembelajaran bahasa. Jurnal
Retorika, 10(1), 20-29.
Ningrum, P. P., & Sylvia, I. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based
Learning Pada Pembelajaran Sosiologi SMA untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik dalam
Memecahkan Masalah. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 221-236.
Novianti, N., Khaulah, S., & Rahma, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Sole (Self Organized
Learning Environment) Pada Mata Kuliah Geometri Analitik Bidang. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Matematika Al Qalasadi, 6(2), 159-166.
Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., ... &
Iskandar, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
SMP pada materi SPLDV ditinjau dari kemampuan awal matematika. Journal of Medives: Journal of
Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207-215.
Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan penalaran matematis ditinjau dari
kemampuan pemecahan masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351-357.
Qolbiyyah, S. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING
ENVIRONMENT (SOLE) BERBANTUAN PADLET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA
DIDIK PADA MATERI GERAK LURUS (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Roviani, S., Idrus, H., Umar, M. I. A., & Chandra, A. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran SOLE
(Self Organized Learning Environments) Pada Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1
Bukittinggi Berbantuan Aplikasi Microsoft Teams. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 3(1), 41-46.
Sapulete, H., Priakusuma, A., Solissa, E. M., Putri, I. D. A., & Mere, K. (2023). Efektivitas Penggunaan
Media Google Site dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal on Teacher Education, 5(1),
94-100.
Setia, R. A. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS
TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA
PELAJARAN KEARSIPAN: Studi Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas X Program Keahlian
Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 3 Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan
Indonesia).
Siregar, E. (2015). Konsep Media dan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran. Konsep Media Dan
Sumber Belajar Dalam Pembelajaran, 1-29.
Yannas, N. F., Sofiyan, S., & Priyanda, R. (2022, November). Pengaruh model pembelajaran search,
solve, create, and share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self-efficacy
peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol.
1, No. 1, pp. 468-480.
Published
2024-09-13
How to Cite
Kharisma, S., & Sylvia, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran SOLE (Self-Organised Learning Environment) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi di Fase E SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(3), 291-300. https://doi.org/10.24036/nara.v3i3.237