Strategi SMA Negeri 3 Padang Mempertahankan Prestasi Akademik Peserta Didik Pada Sistem Zonasi PPDB

  • Muhammad Fachri Irvandi Universitas Negeri Padang
  • Nurlizawati Nurlizawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Mempertahankan, Strategi, Zonasi

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat implementasi zonasi bertujuan untuk pemerataan pendidikan namun kebijakan ini berdampak kurang baik. Tujuan penelitian disini yaitu mendeskripsikan strategi SMA Negeri 3 Padang dalam mempertahankan prestasi akademik peserta didik pada sistem zonasi ppdb. Teori yang dipakai dalam penelitian ini yaitu Teori struktural-fungsional Talcott Parsons. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus intrinsik. Teknik pemilihan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 20 informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi non partisipasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Keabsahan data yang dilakukan dengan cara triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rendahnya kualifikasi peserta didik dan terjadinya Culture gap guru dalam PBM membuat tersebut merupakan kesulitan yang dihadapi oleh guru dan sekolah. Oleh sebab itu, strategi yang digunakan untuk mempertahankan prestasi akademik peserta didik pada sistem zonasi PPDB, yaitu, (1) Study Club Sebagai Wadah meningkatkan prestasi akademik (2) Implementasi pembelajaran Reward dan Punisment(3) Pemberdayaan Guru (lokal karya, workshop, seminar, dan lainnya).

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press. https://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/8793/buku-metode-penelitian-kualitati.html
Banamtuan, M. F., & Y, H. N. (2020). Analisis Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(02).
Hidayah, N. A. (2011). Pendidikan Karakter Dan Budaya Melalui Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK). Jurnal Teknodik, XV(2).
Jakaria, Y., Purwadi, A., Yufridawati, Martini, A. I. D., Murdiyaningrum, Y., & Suprastowo, P. (2017). Peningkatan Derajat Manusia Melalui Pendidikan. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.
Kusnadi, A. (2019). SMAN 3 Padang Tahun ini jadi Sekolah Favorit. Topikini.
Moleong, L. J. (2009). metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT Remaja Rosdakarya (26th ed.).
Muinun, R. (2021). Kebijakan Sistem Zonasi Pada Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Menengah Atas (Efektifitas Permendikbud No 44 Tahun 2019 di SMAN 1 Padang Tualang Terhadap Wilayah Zonasi Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat Dalam Tinjauan Siyasah Syar’iyah). UIN Sumatera Utara.
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi penelitian sosial (Utfiah (ed.)). Media Sahabat Cendekia.
Oktavianto, F. A. (2016). Manajenen Kurikulum Homeschoolong. Universitas negeri Padang.
Pangaribuan, E. N., & Nunuk Hariyanti. (2020). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang SMP Di Kabupaten Gresik.
Suprianto. (2020). Dampak Sistem Zonasi Bagi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 1 Mataram Kecamatan Saleparang Kota Mataram Tahun Ajaran 2019/2020. Universitas Muhammadiiyah.
Suryanti, P., Musadad, A. A., & Isawati. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Serta Pengaruhnya Terhadap Upaya Manajemen Mutu Pendidikan Berdasarkan Asas Keadilan Di Sma Negeri Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2016-2018. Jurnal Candi, 20(2).
Ula, D. M., & Lestari, I. (2020). Dampak Sistem Zonasi bagi Sekolah Menengah Pertama. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 05(01).
Widyastuti, R. T. (2020). Dampak Pemberlakuan Sistem Zonasi Terhadap Mutu Sekolah dan Peserta Didik. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 7(1).
Published
2024-09-13
How to Cite
Irvandi, M. F., & Nurlizawati, N. (2024). Strategi SMA Negeri 3 Padang Mempertahankan Prestasi Akademik Peserta Didik Pada Sistem Zonasi PPDB. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(3), 191-201. https://doi.org/10.24036/nara.v3i3.243