Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peserta Didik dalam Memilih Sekolah di SMA Swasta HKBP 2 Tarutung
DOI:
https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.283Keywords:
Faktor, Pengaruh, Sekolah Swasta, SiswaAbstract
SMA Swasta HKBP 2 Tarutung memiliki program Pendidikan Agama Kristen (PAK), dan sekolah yang didirikan sebagai bagian dari upaya HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) dalam menyediakan layanan pendidikan berkualitas bagi masyarakat Tarutung dan sekitarnya. Teori yang digunakan adalah teori pilihan rasional Coleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Jumlah informan dalam penelitian ini 13 orang. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam memilih sekolah di SMA Swasta HKBP 2 Tarutung adalah faktor internal: pribadi peserta didik. Tanpa paksaan melaikan timbul dari diri sendiri, lingkungan social pribadi siswa. Faktor eksternal: dorongan orang tua, karena karena sudah membuktikan menjadi budaya bagi orangtua anak-anaknya hanya sekolah di SMAS HKBP 2 Tarutung, sarana-prasaran atau fasilitas sekolah yang memadai, dan guru professional. Guru sudah memenuhi standar dan memiliki keahlian di bidang masing-masing dan menguasai materi, struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
References
Armansyah, A. (2021). Faktor-faktor yang menghambat dalam memilih sekolah lanjut. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 1(2), 87-98.
Aziz, M. S., & Ristianah, N. (2024). Perilaku Pengambilan Keputusan Siswa dalam Memilih Sekolah Tinggi atau Universitas. JIEM: Journal of Islamic Education and Management, 5(1), 14-22.
Fajartriani, T., & Karsiwan, W. (2021). Manajemen Pengadaan Sarana Prasarana Sekolah. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 162-168.
Ritzer, Douglas & Goodman. (2012). Teori Sosiologi. Bantul: Kreasi Wacana.
Hapsari, I. (2023). Analisis Minat Peserta Didik Memilih Sekolah di MTs Darul Ulum Semarang. UIN Walisongo.
Krisbiyanto, A., & Nadhifah, I. (2022). Pengaruh Lokasi dan Citra Sekolah Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 20-31.
Khoiriyah, S., Sudjarwo, S., & Rini, R. (2016).Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan SDN 1 Pendowo Asri Dente Teladas Tulang Bawang. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 4(3).
Lestari, I. P., Sobri, A. Y., & Kusumaningrum, D. E. (2019).Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam pemilihan sekolah lanjutan tingkat atas. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(3), 167-171.
Lestari, S. (2016). Rasionalitas Memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) (Studi Kasus di Desa Dingil Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban). Universitas Negeri Surabaya.
Mau, M. (2022).Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik Di Smk Negeri 1 Parindu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 01-15.
Nurfirdaus, N., & Sutisna, A. (2021). Lingkungan Sekolah dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2b), 895-902.
Perwita, D., & Widuri, R. (2023). Telaah Pendidikan: Preferensi Orang Tua Memilih Sekolah Swasta Daripada Sekolah Negeri. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 11(1), 64-75.
Patimah, I. S., Nurdin, M. F., & Rachim, H. A. (2021). Model pesantren modern: Pilihan rasional keluarga bagi pendidikan anak di era globalisasi. Sosioglobal: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 5(2), 89-110.
Sari, W. M., & Totalia, S. A. (2016).Pengaruh Citra Sekolah Terhadap Keputusan Memilih Sekolah Pada Siswa Smk Kristen 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 1(2).
Sanasintani, S. (2022).Pembinaan Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen Melalui Supervisi Klinis. Jurnal Teologi Berita Hidup, 5(1), 39-55.
Semuel, H., & Wijaya, V. (2017). Analisis Kepercayaan, Motivasi dan Kepuasan Orang Tua Siswa SMA Kristen Petra 1 Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), 1-10.
Sudarwati, W., & Tikwalau, D. E. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa-Siswa SMU/SMK Terhadap Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta. JISI UMJ: Jurnal Integrasi Sistem Industri UMJ, 1(1).
Sandrawati, I. (2016). Pengaruh Lingkungan Sosial Siswa dan Kondisi Ekonomi Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 9 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 10(2), 245-260.
Sinaga, R. F. (2017). Analisis Faktor Dominan yang Mempengaruhi Pemilihan Pemilihan Sekolah Swasta untuk Tingkat SMA di Kota Medan. Journal Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 4(3), 77-86.
Salfiah, S., Intani, Q., Andini, S., & Astuti, A. P. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Orang Tua dalam Memilih Sekolah SD dan SMP untuk Anak pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional UNIMUS (Vol. 5).
Yani, J., & Srimulat, F. E. (2023). Administrasi pendidikan. CV. Tatakata Grafika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Karmina Citra & Nurlizawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.