Kendala Dalam Mencapai Standar Penilaian KKM Mata Pelajaran Sosiologi Pada Masa Pandemi di SMA Negeri 4 Kota Tanjungpinang

  • Eka Patria Nusa Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
Keywords: KKM, Pembelajaran sosiologi, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran sosiologi agar siswa dapat mencapai KKM pada masa pandemi di kelas XI SMA N 4 Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Informan dalam penelitian ini berjumlah 25 orang yang ditentukan berdasarkan kriteria tertentu. Peneliti melakukan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kendala pencapaian KKM dalam pembelajaran sosiologi yang diperoleh pada hasil penelitian ini yaitu kurangnya akses terhadap sumber belajar dan tugas karena jaringan internet yang tidak stabil, rendahnya motivasi siswa di masa pandemi, siswa tidak memahami materinya

References

Afrilia, D. (2021). Strategi Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. (Proseding). Universitas HKBO Nommesen Pematang Siantar.
Alawiyah, F. (2017). Standar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah, Aspirasi. Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 3 (1), 87-101.
Alimuddin. (2014). Penilaian dalam kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional: Vol. Vol 1 No 1. UNM.
Anderson, L. W. dan D. R. K. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Addison Wesley Longman, Inc.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Drs. Dedy Kustawan, M. P. (2012). Pedoman Penetapan KKM Pendidikan Khusus. PT Luxima Metro Media.
Ghufron, A. (2008). Optimalisasi Kegiatan Inovatif Guru dalam Implementasi Kurikulum di Sekolah. UNYPress.
Hesti Gita Purwasih, Joan, Eka Janah, Yustinah, Rizki Gumilar, F. (2014). Ensiklopedia Sosiologi Dasar-Dasar Ilmu Sosiologi. PT Cempaka Putih.
Hesti Gita Purwasih, Joan, Muhammad Kusumantoro, S. (2015). Perubahan Sosial. PT Cempaka Putih.
Masruroh, S., & S. (2020). Analisis Permasalahan Standar Proses Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Simki Pedagogia, 3(6), 33–41. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jsp.v3i6.84.
Nirasari, N. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19 (Penelitian di SD Negeri Manding Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung).
Permendikbud. (2013). Penilaian Hasil Belajar.
Permendikbud. (2016). Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah.
Raharjo, S. (2012). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun 16. Nomor 2.
Raharjo, S. (2014). ). Contribution Of Eight National Education Standards Towards Learning Achievement. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 20, N.
Sugiyono. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Widodo, M. W. F. W. B. S. W. (2021). Studi Kasus Penerapan Penilaian Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, Vol. 9, no, Hal. 336-355.
Published
2023-09-30
How to Cite
Nusa, E. P., & Sylvia, I. (2023). Kendala Dalam Mencapai Standar Penilaian KKM Mata Pelajaran Sosiologi Pada Masa Pandemi di SMA Negeri 4 Kota Tanjungpinang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(3), 218-224. https://doi.org/10.24036/nara.v2i3.79