Keefektifan Model Discovery Learning Berbantuan Buku Saku Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model Discovery Learning berbantuan buku saku terhadap hasil belajar sosiologi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA N 10 Kerinci Provinsi Jambi tahun pelajaran 2022/2023. Kelas XI MIPA B dipilih sebagai kelompok kontrol. Pembelajaran pada kelompok kontrol menggunakan model konvensional berbantuan buku saki sedangkan kelompok eksperimen menggunakan model Discovery Learning berbantuan buku saku. Analisis data akhir menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kemiripan dua rata-rata melalui uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery berbantuan buku saku dapat membuat: (1) hasil belajar siswa mencapai kriteria ketuntasan, (2) kemampuan pemahaman konsep Sosiologi siswa lebih baik, dan (3) membuat siswa tertarik untuk mempelajari sosiologi, sehingga dapat dikatakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan buku saku efektif terhadap hasil belajar siswa di kelas XI.
References
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23–28.
Anjelita, R., Syamswisna, & Ariyati, E. (2018). Pembuatan Buku Saku sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Jamur Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7, 2. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i7.26171
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 6(2), 402–416.
fatria yuliani, lina herlina. (2015). Unnes Journal of Biology Education. 4(1), 104–110.
Irwitadia, H. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, 4(1), 5–11.
Kompetensi, S. (2012). Jenis ‐ Jenis Media Pembelajaran. 1–5.
Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1167
Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC ) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek.
Melyanti, S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind Mapping untuk Pembelajaran Ekonomi Kelas XI. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.
Mulyatiningsih, E. (2012). Modul Metode Penelitian Tidakan Kelas. Bandung Rosdakarya, 1–22. staff.uny.ac.id
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Nurrita., T. (2018). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 3(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Nurrita. (2018a). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
Nurrita, T. (2018b). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Sunarno, A. (2015). Efektivitas Media Audiovisual dan Media Berbasis Teks (Cetakan) terhadap Hasil Belajar Chest Pass. Jurnal Penjakora, 2(1), 16–27.