Partisipasi Belajar Siswa Pasca Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sosiologi (Studi Kasus: Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Onang)

  • Saima Sonang Pohan Universitas Negeri Padang
  • Nurlizawati Nurlizawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Mata pelajaran sosiologi, Partisipasi, Pembelajaran pasca daring

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil nilai siswa yang mengalami penurunan saat pandemic covid 19, sedangkan di sekolah masih tetap menyelenggarakan proses belajar mengajar, bagaimana partisipasi siswa dalam masa pembelajaran pasca daring yang terjadi.Bagaimana mengembangkan kemampuan peserta didik pasca pembelajaran daring agar kembali bersemangat dalam meningkatkan partisipasi belajar mereka. Penelitian ini menggunakan kualitatif tipe studi kasus.Teknik pemilihan informan adalah purposive sampling, yang didasarkan pada kriteria peneliti. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepala sekolah, waka kurikulum, 2 guru mata pelajaran sosiologi, 18 siswa, kemudian mengamati kegiatan disekolah seperti di ruangan kelas saat berlangsung pelajaran, di luar kelas dan di lingkungan sekolah dan data terakhir berupa dokumentasi berupa foto, pelajaran dokumen rencana dan sebagainya. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian tentang partisipasi hasil belajar siswa pasca pembelajaran daring mata pelajaran sosiologi (studi kasus: siswa siswi kelas X SMA N 1 Batang Onang adalah teori behavioristik oleh Thorndike. Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa partisipasi hasil belajar siswa pasca pembelajaran daring sudah lebih baik dalam pembelajaran tatap muka berlangsung di SMA N 1 Batang Onang.

References

Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Fikrotuna, 7(1), 855–866. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169
B. Subyubroto. (2009). proses belajar mengajar di sekolah wawasan baru, beberapa metode pendukung dan beberapa komponen layanan khusus. Rineka Cipta.
Candra, H., & Fauzi, M. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Partisipatif Andragogis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar. Jetri, 11(1), 59–72.
Guba, egon, yvonna s, L. (1994). Competing Paradigms in Qualitative Research. Sage Publication.
H. Baharuddin, E. N. (2007). Teori & Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.
Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi Melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/download/170/179/
Harahap, A. S. (2016). peneraan fungsi-fungsi kepemimpinan dalammeningkatkan partisipasi belajar siswa di MAN 1 Medan.
Hasibuan J.J & Muddjiono. (2006). upaya proses belajar mengajar.
Hilma Halimah Sadiah. (2020). Efektifitas pembelajaran PPKN berbasis daring terhadap partisipasi be;lajar peserta didik di SMAN 11 Garut.
Lexy J. Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Mardiah Hayati. (2014). Desain pembelajaran berbasis karakter. Mulia Indah Kemala.
Nasution, U., & Casmini, C. (2020). Integrasi Pemikiran Imam Al-Ghazali & Ivan Pavlov Dalam Membentuk Prilaku Peserta Didik. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 103–113. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3651
Ni’matul Khoiroh, M. dan L. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa.
Nim, S. (2013). DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU ( SMPIT ) DARUL AZHAR ACEH TENGGARA Program Studi PENDIDIKAN ISLAM KONSENTRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PROGRAM PASCASARJANA.
Rachmat Kriyantoro. (2008). Teknik Praktik Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.
Ramadhan, I., Nugraha, T. J., Firmansyah, E., Alkahfy, R., & Rian. (2021). Perubahan proses pembelajaran tatap muka pasca pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 Di MAN 2 Pontianak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 86–93. https://doi.org/10.5281/zenodo.5746197
S, D. A. (2010). upaya meningkatkan partisipasi dan kemampuan berfikir kritis siswa SMA N Wates kelas X B dengan model pembelajaran learning cycle 5 fase pada materi pokok eksistem.
Sciences, H. (2016). 済無No Title No Title No Title. 4(1), 1–23.
Şenocak, G. (2019). Belum Karena Potongan Bab Ii Siapa. 8–43.
Sudjana, N. (2005). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitaif. ALFABETA.
Sukidin. (2010). Peningkatan Partisipasi Belajar…, Dewi Yunita, FKIP UMP, 2013. 6–25.
Umar, sidiq. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Nata Karya.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020) Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar belajar siswa pada masa covid 19 edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 232-243.
Published
2023-06-27
How to Cite
Pohan, S. S., & Nurlizawati, N. (2023). Partisipasi Belajar Siswa Pasca Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sosiologi (Studi Kasus: Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Onang). Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(2), 130-139. https://doi.org/10.24036/nara.v2i2.92