Pengaruh Model Pembelajaran Improve terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IPS di MAN Sibolga Tahun Pembelajaran 2022/2023

  • Nurhafifah Rahmi Universitas Negeri Padang
  • Nurlizawati Nurlizawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Hasil belajar, Model Pembelajaran Improve, MAN Sibolga

Abstract

Penelitian ini dilataar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, kurangnya varian model pembelajaran, kurangnya minat belajar peserta didik menyebabkan mudah merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran dan peserta didik berperan sebagai pendengar sehingga penguasaan terhadap materi yang diberikan sangat terbatas yang berdampak rendahnya hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran improve terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII IPS di MAN Sibolga. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar menurut Bruner. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimental design. Adapun design dalam penelitian ini adalah design one gruop pretest dan posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, dilakukan secara mengambil undian kelas dan kelas yang terpilih jadi sampel penelitian adalah kelas XII IPS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes berupa pretest dan posttest sebagai alat pengukuran dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata antara hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran improve memperoleh nilai sebesar 84,09 sedangkan perolehan nilai rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai 63,86. Setelah dilakukan uji hipotesis berbantuan SPSS versi 23 maka diperoleh nilai signifikan 0,07 > nilai signifikan 5% = 0,05 maka dapat diambil kesimpulan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran improve terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII IPS 2 MAN Sibolga Tahun Pembelajaran 2022/ 2023.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, edisi revisi VI, Cetakan ke 13, PT. Asdi Mahasatya, Jakarta.
Astuti Ary Kurnia. 2016. Pengaruh motode pembelajaran Improve terhadap hasil belajar matematika bagi siswa kelas XI teknik mesin otomotif SMK Negeri 2 Salatiga.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh dari https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf , diakses pada tanggal 17 Maret 2022.
Dr. Endang Mulyatiningsih. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta, hal 227.
Eni Rosira. (2019). Pengaruh model pembelajaran Improve terhadap kemampuan pemecahan masalah mtematika ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik . Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Erman Suherman. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia, (2001), hlm 12.
Goos, M. 1995. “Metacognitive Knowledge, Beliefs, and Classroom Mathematics” Eihteen Annual Conference of The Mathematis Education Research Group of Australia, Darwin. hal 300.
Matlin, M.W. 1994. Cognition. (New York: Harcourt Brace Publishe), hal 284.
Mery, Ariska. 2017. Penerapan metode Improve untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Singkil. Universitas Islam Negeri Ar - Raniry.
Miftahul Huda, M.Pd. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang, hal 254.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuanntitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet
Yunita, R & Menrisal. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Improve Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Bimbingan dan Konseling, hal 21.
Published
2023-06-27
How to Cite
Rahmi, N., & Nurlizawati, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Improve terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IPS di MAN Sibolga Tahun Pembelajaran 2022/2023. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(2), 148-155. https://doi.org/10.24036/nara.v2i2.98