Minat Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Sosiologi di Kelas XII IPS SMA Yayasan Bunda Padang

  • Sary Septyana Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Junaidi Universitas Negeri Padang
Keywords: Minat Belajar, Sosiologi, SMA Bunda Padang

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu tentang minat siswa dalam belajar Sosiologi di SMA Bunda Padang. Tujuan peneliti ini adalah untuk menganalisis minat belajar siswa dan penyebab rendahnya minat pembelajaran sosiologi di SMA Bunda Padang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif berupa studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu Reduksi, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah penyebab rendahnya minat belajar peserta didik dalam pembelajaran sosiologi kelas XII IPS adalah faktor internal yang berasal dari diri peserta didik. Faktor eksternal yang menyebabkan rendahnya minat sangat mempengaruhi belajar. Disamping itu proses belajar juga dapat terjadi, atau menjadi bertambah kuat, bila didorong oleh lingkungan peserta didik, misalnya keterbatasan jam  mengajar di saat pembelajaran sosiologi. Jadi faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik di SMA Bunda Padang terhadap mata pelajaran sosiologi yaitu kurangnya motivasi, kurangnya rasa senang terhadap mata pelajaran sosiologi, tidak adanya semangat dalam setiap mengikuti mata pelajaran sosiologi. Dan peserta didik tidak mempunyai niat untuk belajar sosiologi, contohnya tidak usaha untuk peserta didik membaca buku yang berkaitan dengan pelajaran sosiologi.

References

Abdul Rahman Saleh, Psikologi Suatu Pengantar, Jakarta, Kencana, 2004, h. 267-268.
Baharuddin, Moh. Makin. 2007. Pendidikan Humanistik: Teori dan Aplikasi Praktis dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: AR Ruzz Media. hal.24
Departemen Agama, Wawasan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan, (t.tp., Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2005), h. 47.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Askara, h. 121.
Dewantara, Ki Hajar. 2011. Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Harahap, Nursapia. 2020. Penelitian Kualitatif, Medan: Wal Ashari Publishing.
Hasbullah, Otonomi Pendidikan, Jakarta: PT Rajawali Pers, 2010, h.121
Herlina, Minat Belajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2010, h. 20.
Makmun, (2013), Psikologi Belajar, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, h. 136.
Slameto. (2010), Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, h. 2 & 180.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta cv.
Susanto. 2012. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Pranada Media Group, h. 57.
Syarif Hidayat dan Asroi, Manajemen Pendidikan Substansi dan Implementasi dalam Praktik Pendidikan di Indonesia, Tangerang: Pustaka Mandiri, 2013,h. 89.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2009, h. 205.
Zainal Arifin Tandjung, Sejarah Singkat Filsafat Modern : dari Descartes sampai Wittgentein, Jakarta: Pantja Simpati, 1984, hal. 321
Published
2024-06-14
How to Cite
Septyana, S., & Junaidi, J. (2024). Minat Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Sosiologi di Kelas XII IPS SMA Yayasan Bunda Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(2), 147-155. https://doi.org/10.24036/nara.v3i2.110