Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di SMAN 3 Padang Panjang

  • Zahwa Restu Amanda Universitas Negeri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang
Keywords: Gaya Hidup Berkelanjutan, Implementasi, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini menarik karena menganalisis implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila tema gaya hidup berkelanjutan di SMAN 3 Padang Panjang untuk membentuk karakter dan keterampilan siswa. Meski demikian ketika dilakukan observasi partisipan di SMAN 3 Padang Panjang menunjukan bahwa secara prosedural SMAN 3 Padang Panjang sudah melaksanakan projek P5 ini dengan maksimal, namun secara subtansial terdapat kendala. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila tema gaya hidup berkelanjutan di SMAN 3 Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Data penelitian dianalisis menggunakan teori struktural fungsional dari Tallcot Parson dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen yang dilakukan bulan agustus 2023. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling, artinya informan yang dipilih memiliki informasi data yang dapat menunjang hasil penelitian yang berjumlah 10 orang, diantaranya 1 wakil kurikulum, 1 guru koordinator, 3 guru fasilitator dan 5 siswa SMAN 3 Padang Panjang. Peneliti melakukan triangulasi sumber dan teknik sebagai keabsahan data. Teknik analisis data yang dirujuk melalui pemikiran Miles dan Huberman, yaitu redusi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara prosedural SMAN 3 Padang Panjang telah dilaksanakan maksimal, namun secara subtansial terdapat kendala pada beberapa aspek, karena merupakan tahun pertama SMAN 3 Padang Panjang melaksanakan projek ini

References

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.
Ariga, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
Deswita, E., Rahmafitri, F., Sari, M., Batusangkar, S., Mahmud, U. I. N., Batusangkar, Y., Mahmud, U. I. N., & Batusangkar, Y. (2023). MENINGKATKAN NILAI KEARIFAN LOKAL MELALUI IMPLEMENTASI PROGRAM P5 SILEK TUO PAGARUYUNG Al-Idaroh : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam Al-Idaroh : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam │ 296. 7(September).
Diah Ayu Saraswati, Diva Novi Sandrian, Indah Nazulfah, Nurmanita Tanzil Abida, Nurul Azmina, Riza Indriyani, & Septionita Suryaningsih. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578
Hadian, T., Mulyana, R., Mulyana, N., & Tejawiani, I. (2022). Implementasi Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sman 1 Kota Sukabumi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1659. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9307
Iswadi, M. P., Karnati, N., Ahmad Andry, B., & Adab, P. (2023). STUDI KASUS Desain Dan Metode Robert K. Yin. Penerbit Adab.
Komala, C., & Nurjannah, N. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Tema “ Gaya Hidu p Berkelanjutan ” Kelas X SMAN 2 Sumbawa Besar. 3(1), 42–49.
Leviana, N. (2013). Evaluasi Kelayakan Bisnis Restoran Kambing Bakar Cairo Cabang Kopo Sayati Bandung Ditinjau Dari Aspek Pemasaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Sains Dan Teknologi, 9(3), 2022–2687.
Maruti, S., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) pada Jenjang Sekolah Dasar. 2(2), 85–90.
Maulida, U. (n.d.). SUSTAINABLE LIFESTYLE THROUGH PROJECT OF. 14–21.
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Muhammad Syukur, Jumadi, J., Bahri, B., Nurlela, N., Andi Dewi Riang Tati, St.Junaeda, S. J., & Rasyid Ridha. (2023). Penerapan Model Green School Dalam Rangka Membentuk Gaya Hidup Berkelanjutan di SMA Negeri 12 Bone. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 422–427. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1713
Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 13(2), 177–181.
Nurhayati, N., Erni, S., & Suriani, S. (2016). Sustainable Life Style Masyarakat Perkotaan (Studi Tentang Gaya Hidup Berkelanjutan Masyarakat Perkotaan di Riau). Sorot, 11(2), 75. https://doi.org/10.31258/sorot.11.2.3885
Nyoman, N. A., & Miyono, N. (2023). Perencanaan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada SMK Pusat Keunggulan. 6, 1037–1043.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rima Trianingsih, Isna Nurul Inayati, R. F. (2019). Pengaruh Keluarga Broken Home terhadap Perkembangan Moral dan Psikososial Siswa Kelas V SDN 1 Sumberbaru Banyuwangi. JURNAL PENA KARAKTER: Jurnal Pendidikan Anak Dan Karakter, 02(01), 9–16. https://e-journal.hikmahuniversity.ac.id/index.php/jpk/article/view/4
Saleh, S. (2017). Analisis data kualitatif. Pustaka Ramadhan, Bandung.
Santoso, G., Susilahati, Yusuf, N., Muhtadin, I., Rahmatunisa, S., Eddy, Siregar, I., Murod, M., & Asbari, M. (2023). Monitoring Dan Evaluasi Pelatihan Kecanggihan Aplikasi Google Di Mts Muhammadiyah Tajurhalang. Journal of Community Service and Engagement (JOCOSAE), 3(1), 50–63.
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. PANDUAN PENGEMBANGAN Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 137.
Sukaryati dan Siminto. (2022). Analisis Kebutuhan Implementasi Kurikulum Sekolah Penggerak di SDIT Al-Amin Kapuas. 2(3), 150–167.
Suriani, L., Nisa, K., & Affandi, L. H. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di Sekolah Dasar. 9(3), 1458–1463. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5464
Vanisha, D. A. Y. U. (2022). Analisis Keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema (kearifan lokal) Kelas IV Di SD Muhammadiyah 4 Batu. 1–67.
Ansyar, Mohamad,2015, Kurikulum : Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia
Ismail, Muhammad Ilyas,2020,Evaluasi Pembelajaran, konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Depok : Rajagrafindo Persada
Ritzer, George,2012,Teori Sosiologi Klasik,Indonesia : Pustaka Pelajar
Published
2024-06-19
How to Cite
Amanda, Z. R., & Fernandes, R. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di SMAN 3 Padang Panjang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(2), 168-180. https://doi.org/10.24036/nara.v3i2.186