Penerapan Model TGT (Teams Games Tournament) Berbantu Kahoot dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 3 SMA Adabiah 2 Padang

  • Silvia Yani Universitas Negeri Padang
  • Eka Asih Febriani Universitas Negeri Padang
Keywords: TGT (teams games tournament), kahoot, keaktifan belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Adabiah 2 Padang pada pelajaran sosiologi menggunakan model TGT (teams games tournament) berbantu kahoot. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis dan Mc Taggart tipe partisipan yang terdiri dari 3 siklus dan 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Adabiah 2 Padang dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif Miles dan Huberman untuk menganalisis hasil wawancara, serta teknik analisis kuantitatif melalui lembar observasi guna untuk mengetahui tingkat keaktifan belajar peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran TGT (teams games tournament) berbantu kahoot menggunakan rumus persentase keaktifan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori behaviorisme Thorndike yang melibatkan perubahan dalam perilaku yang terjadi melalui stimulus dan respons. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keaktifan belajar pada setiap siklus yaitu siklus I sebesar 42,2%, siklus II sebesar 59,3%, dan siklus III sebesar 79,2%. Hasil penelitian membuktikan bahwa model TGT berbantu kahoot mampu meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Adabiah 2 Padang pada pelajaran sosiologi dengan memperhatikan beberapa hal seperti memberikan poin tambahan kepada peserta didik yang aktif dalam belajar, memberikan variasi animasi, gambar, dan video pada media pembelajaran, serta melakukan ice breaking berupa pemberian mini games dengan tujuan memecah rasa tegang dan membantu peserta didik lebih rileks saat belajar.

References

Agusta, I. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27, 02(1), 59.
Fadjrin, N. N., Nahdlatul, U., Al, U., & Cilacap, G. (2017). Hubungan Keaktifan Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. 2(1), 1–8.
Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, H. (2018). Penelitian Tindakan Kelas.
Hartika, N., & Mariana, F. (2019). Pengaruh Keaktifan Belajar & Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 57–71.
Hermansyah. (2020). Analisis Teori Behavioristik (Edward Thordike) dan Implementasinya Dalam Pembelajaran SD/MI. Jurnal Program Studi PGMI, 7(1), 15–25.
Izzah, F. N., Khofshoh, Y. A., Sholihah, Z., Nurningtias, Y., & Wakhidah, N. (2022). Analisis Faktor-faktor Pemicu Turunnya Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10(1), 150–154.
Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas Xi Mipa 5 Sma Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71.
Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. Ganding, 44(8), 1–87.
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724.
Sasmita, L., & Ahmad, M. R. S. (2019). Faktor penyebab ketidakaktifan siswa kelas xi ipa 4 dalam proses belajar mengajar di SMAN 12 Makasar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 4(2), 100–105.
Sudjana, N., (2016). Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar. Bandung:Rosdikarya.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139.
Published
2024-02-16
How to Cite
Yani, S., & Febriani, E. A. (2024). Penerapan Model TGT (Teams Games Tournament) Berbantu Kahoot dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 3 SMA Adabiah 2 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(1), 95-106. https://doi.org/10.24036/nara.v3i1.187