Strategi Guru Sosiologi dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka pada Bidang Studi Sosiologi di SMAN 1 Salimpaung

  • Eka Yulia Sapitri Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Junaidi Universitas Negeri Padang
Keywords: Bidang studi sosiologi, Kurikulum merdeka, Strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru SMAN 1 Salimpaung, Tanah Datar dalam menerapkan kurikulum merdeka pada bidang studi sosiologi. Dalam menerapkan kurikulum merdeka, sekolah ini memilih menerapkan melalui peluang mandiri berubah, pada kenyataannya syarat atau ketentuan dalam menerapkan kurikulum merdeka belum sepenuhnya terpenuhi. Hal ini terbukti dengan adanya hambatan dan kesulitan yang dirasakan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka. Realita tersebut membawa peneliti pada satu pertanyaan yaitu bagaimana strategi guru dalam menerapkan kurikulum merdeka di SMAN 1 Salimpaung, Tanah Datar. Untuk menganalisis penelitian ini, penulis menggunakan Teori Aksi dari Talcott Parsons. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Salimpaung, Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus serta teknik pemilihan informan ialah teknik purposive sampling dengan jumlah informan 7 orang informan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru sosiologi dalam menerapkan kurikulum merdeka pada bidang studi sosiologi di SMAN 1 Salimpaung, Tanah Datar adalah terdapat strategi yaitu optimalisasi belajar mandiri dan mengikuti pelatihan.

References

Afifah, N., Rahim Razaq, A., & Ibrahim, M. (2023). Strategi Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP Unismuh Makassar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(7), 2664–2674. https://doi.org/10.56799/jim.v2i7.1717
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education and Languege Research, 1(12), 2105–2118. https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/3015/2154
Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika, 1(2), 35–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193
Fauzi, M. I. R., Rini, E. Z., & Qoamriyah, S. (2023). PENERAPAN NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/viewFile/19765/6761
Inayati, U., & Ropi’ah, K. (2023). Strategi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SDN Kauman II Baureno. Jurnal Kependidikan, 2(01), 1–7. https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/tarbawiyat/article/view/64/38
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 819–826. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1630/274
Muliani, R. F. (2019). Peran Kelompok Sadar Wisata dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Pasar Kebon Empring Dusun Bintaran Wetan, Desa Srimulyo, kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38206/1/15720014_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf
Nathasia, H., & Abadi, M. (2022). Analisis Strategi Guru Bahasa Indonesia Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMKN 11 Malang. Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(3), 227–245. https://doi.org/10.24114/bss.v11i3.39685
Nisak, A., & Yuliastuti, R. (2022). Profil kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMP Negeri 1 Palang. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(2), 61–66. http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14
Rahimah. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SMP NEGERI 10 KOTA TEBINGTINGGI DALAM MENYUSUN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA MELALUI KEGIATAN. ANSIRU PAI , 6(1), 92–106. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537.g5670
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Rita, Amzari, & Rustiyarso. (2016). Kesulitan guru dalam penerapan pendekatan saintifik kurikulum 2013 kasus pada guru sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10), 1–13. https://doi.org/10.26418/jppk.v5i10.17225
Sanusi, Rohimat, S., & Munthahanah. (2022). Diseminasi Platform Merdeka Mengajar Untuk Guru Sma Negeri 6 Kota Serang. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 124–132. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v4i2.2035
Sidiq, U., Choiri, M. M., & Mujahidin, A. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN. Jurnal of Chemical Information and Modeling , 1–221. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Published
2024-02-16
How to Cite
Sapitri, E. Y., & Junaidi, J. (2024). Strategi Guru Sosiologi dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka pada Bidang Studi Sosiologi di SMAN 1 Salimpaung. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(1), 76-84. https://doi.org/10.24036/nara.v3i1.188