Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Permainan Roda Putar Pada Pembelajaran Sosiologi
DOI:
https://doi.org/10.24036/nara.v4i3.225Keywords:
Motivasi Belajar, Permainan Roda Putar, Pembelajaran SosiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif dengan permainan roda putar sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran sosiologi kelas XI IPS SMA Negeri 7 Mukomuko Bengkulu. Hasil penelitian ini bermanfaat untuk guru sebagai salah satu pedoman dalam menerapkan model pembelajaran yang sederhana serta menyenangkan bagi siswa. Dengan melihat tujuan dari penelitian ini sendiri maka dapat diketahui bahwa jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas yang akan digunakan oleh peneliti yaitu model pendekatan yang dikenakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi dan wawancara. Kemudian data yang didapatkan akan dianalisis dengan deskriptif kuantitatif supaya data yang didapatkan dapat teruji keabsahannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori behavioristik yang dikemukakan oleh Edward Lee Thorndike. Pada penelitian ini adapun indikator yang menjadi tolak ukur motivasi belajar siswa adalah indikator motivasi belajar yaitu sebagai berikut: 1) tekun dalam menghadapi tugas, 2) ulet dalam menghadapi kesulitan belajar, 3) menunjukkan minat terhadap pembelajaran sosiologi, 4) lebih senang bekerja secara mandiri, 5) cepat bosan pada tugas-tugas rutin, 6) dapat mempertahankan pendapat, 7) tidak mudah melepaskan hal-hal yang diyakini, 8) senang mencari serta memecahkan masalah-masalah dalam soal. Setelah penerapan model dan media permainan tersebut meningkat pada siklus I 71,52%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 80,29%. Setelah dilakukan penelitian diketahui bahwa setiap indikator motivasi belajar siswa mengalami kenaikan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan permainan roda putar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran sosiologi.
References
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Farias, R. L. S., Ramos, R. O., & da Silva, L. A. (2009). Numerical solutions for non-Markovian stochastic equations of motion. Computer Physics Communications, 180(4). https://doi.org/10.1016/j.cpc.2008.12.005
Fatimah, L., & Shofi, A. (2019). Aktivitas Siswa SMP dalam Proses Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Matematika. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(1), 19–26.
Fay, D. L. (1967). Bimbingan kelompok field trip berbasis lingkungan dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas XI SMA Al Muayyad Surakarta. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 12–47.
Fiteriani, I., & Arni, S. (2016). Model pembelajaran kooperatif dan implikasinya pada pemahaman belajar sains di SD/MI (Studi PTK di kelas III MIN 3 WatesLiwa Lampung Barat). Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 94–115.
Ghozali, I., & Nasehudin, T. S. (2012). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia
Hamzah, H., Utami, L. S., & Zulkarnain, Z. (2020). Pengembangan media pembelajaran roda putar fisika untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(2), 77–81.
Juhji, J. (2017). Model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran IPA. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 9–22.
Kandiri, K. (2017). Behavioral Based Learning. Lisan Al-Hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 11(1), 105–126.
Karlina, I., & Pd, S. (2009). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Sebagai Salah Satu Strategi Membangun Pengetahuan Siswa. http://academia.edu.
Laila, N., Hariyono, H., & Sumarmi, S. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(2), 123–129. https://doi.org/10.17977/um022v1i22016p123
Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role of Parents in Improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.51
Lestari, K. E. (2014). Implementasi Brain-Based Learning untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan kemampuan berpikir kritis serta motivasi belajar siswa SMP. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 2(1).
Lidarnita, L. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Melalui Media Zoom Meeting Di Madrasah Ibtidaiyah Koto Tuo Pulau Tengah Kabupaten Kerinci. Jurnal Literasiologi, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i1.269
Mania, S. (2008). Observasi sebagai alat evaluasi dalam dunia pendidikan dan pengajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233.
Mulyadi, M. (2012). Riset desain dalam metodologi penelitian. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 16(1), 71–80.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Perdana, P. (2018). Motivasi Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Rahdiyanta, D. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Disampaikan Pada Seminar Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMK yang Diselenggarakan.
Rahyubi, H. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik. Bandung: Nusa Media.
Rusman, M. P. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Shahbana, E. B., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33.
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82.
Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuni, R. (2016). Pembelajaran Kooperatif Bukan Pembelajaran Kelompok Konvensional. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 37–43.
Yudharsyah, J., Kresnadi, H., & Suparjan. (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Pada Siswa Kelas V Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 1–8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.