Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Teka Teki Silang (TTS) dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas X Fase E SMAN 1 Hiliran Gumanti

  • Mira Januamita Universitas Negeri Padang
  • Eka Asih Febriani Universitas Negeri Padang
Keywords: Aktivitas Belajar, Model Think Talk Write, Media Teka Teki SIlang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa Kelas X Fase E1 SMAN 1 Hiliran Gumanti. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru merupakan salah satu faktor yang menyebabkan menurunnya aktivitas belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, guru harus menggunakan model pembelajaran yang lebih efektif. Salah satu model yang diusulkan adalah dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media teka-teki silang dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan soal tes. Analisis data deskriptif dan kuantitatif dilakukan terhadap 25 siswa Kelas X Fase E1. Teori behavioristik Thorndike menjadi landasan teori penelitian ini, di mana asumsi dasarnya menyatakan bahwa pembelajaran terjadi melalui asosiasi antara stimulus dan respons. Perilaku yang diikuti oleh konsekuensi yang memuaskan akan cenderung diulang (hukum efek), sementara kesiapan mental dan fisik siswa mempengaruhi efektivitas pembelajaran (hukum kesiapan), serta pengulangan aktivitas memperkuat pemahaman (hukum latihan). Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write yang dipadukan dengan media teka-teki silang. Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari 55% pada Siklus I menjadi 79,7% pada Siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilakukan dengan pendekatan pembelajaran ini. Persyaratan bagi siswa untuk menyelesaikan tugas sendiri dan kelompok untuk meningkatkan keterampilan berbicara, menulis, dan berpikir mereka yang akan memungkinkan mereka untuk terlibat lebih aktif dalam kegiatan kelas adalah alasan peningkatan ini.

References

Azizah, M., Gummah, S., & Sukroyanti, B. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(2), 127. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i2.113
Besare, S. (2020). Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 18–25. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p018
Febriani, E. A. (2019). Mudah Merancang Perangkat Pembelajaran.
Febriani, E. A., Komalasari, K., Malihah, E., & Custilas, A. L. (2023). Transformation of 21st Century Surau-Based Education. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 12(2), 193–204. https://doi.org/10.22202/mamangan.v12i2.7115
Febriani, E. A., Komalasari, K., Malihah, E., Syafrini, D., Fernandes, R., Amelia, L., Fahmi, K., Febriani, E. A., Komalasari, K., Malihah, E., & Kadarsih, I. (2022). Digital Press Social Sciences and Humanities Utilization of Google Classroom in Developing Student Creativity in Designing Digital-Based Learning Utilization of Google Classroom in Developing Student Creativity in Designing Digital-Based Learning.
Hasmarlina, I. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG BERBASIS DIGITAL PADA TEMA BENDA DI SEKITARKU SUB TEMA PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS III SD/MI. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Hayati, N., Wadi, H., & Suud, S. (2020). Implementasi Pendekatan Saintifik Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sosiologi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(1), 43–51. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i1.112
Kharisma, C. (2020). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Smk Piri Sleman Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(1), 47–64. https://doi.org/10.21831/jpvo.v3i1.34974
Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 43–63. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.912
Kusuma, N., Mujib, A., Syahputra, E., & Ariswoyo, S. (2017). Perangkat, Pengembangan Kooperatif, Pembelajaran Think, Tipe Write, Talk Meningkatkan, untuk Siswa, Representasi Matematis Siswa. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 4(2), 39–45. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/630/344
Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436
Maryanti, S., Zikra, ., & Nurfarhanah, . (2012). Hubungan antara Keterampilan Komunikasi dengan Aktivitas Belajar Siswa. Konselor, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.24036/0201212700-0-00
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Nurjanna. (2014). Penggunaan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Siswa Kelas IV SDN 2 Lais. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(2354-614X), 135–147. https://media.neliti.com/media/publications/117862-ID-penggunaan-metode-pemberian-tugas-untuk.pdf
Sabdo, G. E., & Kurniawati. (2022). Perbedaan Pemberian Tugas Kelompok dan Pemberian Tugas Individu Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas II di SD Negeri Mejing 2 Gamping Sleman. Universitas PGRI Yogyakarta.
Sardiman, A. M. (2019). Interaksi dan motivasi belajar mengajar.
Shanty, M. (2023). Pembelajaran Sosiologi Mengembangkan Karakter Siswa. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10(2018), 1–5. https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.675
Sutrisna. (2020). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sosiologi siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based instruction (PBI) di kelas XII IPS 7 semester 1 SMAN 5 Kota Jambi. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 162–175.
Sutrisno. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Roda Pintar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan Matematika Kelas V SD Negeri 4 Pelem. In Skripsi.
Syaiful, B. (2014). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka Cipta.
Yamin, M., & Ansari, B. I. (2012). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Referensi. GP Press Group.
Yunarti, T. (2009). Fungsi dan pentingnya pertanyaan dalam pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 174–184.
Published
2024-11-07
How to Cite
Januamita, M., & Febriani, E. A. (2024). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Teka Teki Silang (TTS) dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas X Fase E SMAN 1 Hiliran Gumanti. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(4), 419-427. https://doi.org/10.24036/nara.v3i4.266