Efektivitas Media Pembelajaran Menggunakan Microsoft Sway Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sosiologi
Abstract
Hasil belajar pada peserta didik fase E di SMA N 1 Linggo Sari Baganti mengenai materi hubungan sosial yang rendah mendorong penelitian ini dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengukur keefektifan media pembelajaran menggunakan Microsoft Sway dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik fase E SMA N 1 Linggo Sari Baganti. Penelitian eksperimen ini dirancang dengan melibatkan satu kelompok yaitu pretest dan posttest. Penelitian ini melibatkan 34 siswa dari kelas E SMA N 1 Linggo Sari Baganti. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori belajar bermakna dari David Ausubel. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai rata-rata pretest yaitu 56,6 sedangkan nilai rata-rata posttest yaitu 88,5. Uji normalitas, homogenitas, dan uji T digunakan untuk menganalisis data. Hasil uji normalitas sebesar 0,16 dan uji homogenitas sebesar 0,23 menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen dengan nilai sig. lebih dari 0,05, yang memungkinkan uji T. Hasil uji T sebesar 0,00 menunjukkan bahwa nilai sig. kurang dari 0,05, sehingga H0 ditolak, menunjukkan bahwa siswa memiliki perbedaan hasil belajar sosiologi. Hasil belajar siswa dapat disimpulkan meningkat setelah menggunakan media pembelajaran Microsoft Sway.
References
kooperatif tipe rotating trio exchange (RTE) pada siswa kelas XI SMAN 4 Bantimurung. Dinamika,
8(1), 165–175.
Ardian, S., Hasanah, W. K., & Rana, F. I. (2020). Pemanfaatan Microsoft Sway dan Microsfot Form Sebagai
Media Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah. BIhari: Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 3(2), 66–74.
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional
Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Ayunda, M. D. (2023). Pengembangan Media Presentasi Menggunakan Microsoft Sway Bermuatan
Pendekatan Kontekstual tentang Materi Ekosistem untuk Peserta Didik SMA. Biodik, 9(2), 117–125.
Azaly, Q. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Office Sway Pada Materi Perubahan
Lingkungan Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. 11(1), 218–227.
Dahar, R. W. (2012). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga.
Hastiningrum, D., & Haryanto, S. (2020). Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Discovery Learning
Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Klaten.
Journal of Educational Evaluation Studies …, 1(3), 202–213.
Huda, K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Sejarah Melalui Aplikasi Sway Berkonten Indis
Di SMP Negeri 8 Madiun. Historia, 5(2), 125–141.
Hutabarat, H., Elindra, R., Harahap, M. S., Pendidikan, F., Dan, M., & Pengetahuan, I. (2022). Analisis
penerapan kurikulum merdeka belajar di sma negeri sekota padangsidimpuan. JURNAL MathEdu
Mathematic Education Journal, 5(3), 58–69.
Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Jisamar, VOL. 3 NO.(2), 19–25.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama
Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Mahmud, U. I. (2023). Pengembangan Microsoft Sway Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia
Materi Teks Eksplanasi. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 4(1), 75–83.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat,
03, 171–187.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal
Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Paisal, Satyahadewi, N., & Perdana, H. (2021). Pengembangan Aplikasi Statistika Berbasis Web Interaktif
Untuk Analisis Uji- T. Bimaster, 10(3), 331–340.
Saheriestyan, P., Primasatya, N., & Hidayah, E. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Tema Peristiwa Alam
melalui Metode Demonstrasi dengan Berbantuan Media Pembelajaran Microsoft Sway di Sekolah
Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2749–2759. 9
Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di
Era Revolusi Industri 4.0. Scientific Journal of Educational Technology, 6(2), 1–13.