Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI SMA N 1 Baso

  • Nabila Wirda Sari Universitas Negeri Padang
  • Eka Asih Febriani Universitas Negeri Padang
Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning, Partisipasi Belajar, Pembelajaran Sosiologi

Abstract

Partisipasi belajar peserta didik di kelas XI di SMA N 1 Baso masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan partisipasi belajar peserta didik di kelas XI (Sosiologi 3) SMA N 1 Baso. Teori belajar yang digunakan adalah teori behavioristik dari Thorndike. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (Quasi Experiment). Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas XIS.3 (eksperimen) dan kelas XIS.2 (kontrol). Teknik pengumpulan diperoleh melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menemukan terdapat pengaruh yang positif pada penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap partisipasi belajar peserta didik kelas XI di SMA N 1 Baso. Hasil nilai significance kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sebesar 0,01 dimana nilai tersebut < 0,05. Model project based learning memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan partisipasi belajar peserta didik.

References

A. Muri Yusuf. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. In News.Ge (Issue August).
Amari, R. O. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sebagai Pengaruh Dari Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Podcast. 08(September), 31–41.
Fatmawati, S. (2019). Efektivitas Forum Diskusi Pada E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). https://doi.org/10.24176/re.v9i2.3379
Hikmah, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa. Jurnal Teknodik, 27–38. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.376
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
Monti, C., Novoa, M. C., & Vizcaíno, C. E. (2003). Anatomía y Etnobotánica de Dos Especies de Boraginaceae de la Provincia Pampeana (Argentina) Usadas en Medicina Popular. Acta Farmaceutica Bonaerense, 22(3), 197–201.
Mudrajad, K. (2004). Metode Penelitian Kuantitatif.
Nuzulia, A. (2023). Metode Project Based Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Kelas Ix Di Smp Negeri 4 Kisaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 9(1), 5–24.
Sastrohadiwiryo, S. (2019). Bumi Aksara. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia., 172–185.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Issue April).
Yusuf, A. M. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. In News.Ge (Issue August).
Published
2024-11-07
How to Cite
Sari, N. W., & Febriani, E. A. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI SMA N 1 Baso. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(4), 402-410. https://doi.org/10.24036/nara.v3i4.280