Hubungan Prokrastinasi Akademik dan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X Fase E di SMAN 14 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/nara.v4i3.323Keywords:
Hasil Belajar, Prokrastinasi akademik, SosiologiAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh nilai sosiologi siswa kelas X Fase E di SMAN 14 Padang yang rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah siswa yang melakukan prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan prokrastinasi akademik dengan hasil belajar sosiologi siswa kelas X Fase E di SMAN 14 Padang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Expost Facto dengan metode kuantitatif korelasi. Alat pengumpulan data menggunakan Angket untuk variabel prokrastinasi akademik dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling yang berjumlah 22 item pernyataan yang sudah valid disebarkan ke 80 sampel siswa kelas X Fase E di SMAN 14 Padang, dan dokumen dari hasil ujian tengah semester (PTS) untuk variabel hasil belajar. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar Humanistik oleh Carl Rogers. Berdasarkan temuan penelitian, tingkat prokrastinasi akademik siswa kelas X Fase E di SMAN 14 Padang berada pada kategori sedang, yaitu sebesar 61,98%. Tingkat hasil belajar sosiologi siswa kelas X Fase E di SMAN 14 Padang berada pada kategori tinggi, yaitu sebesar 77,36%. Ternyata tidak terdapat hubungan yang signifikan antara prokrastinasi akademik dengan hasil belajar sosiologi, dengan koefisien korelasi sebesar -0,13. Prokrastinasi akademik memiliki kontribusi sebesar 18% terhadap hasil belajar sosiologi. Maka dari itu, tidak ada hubungan antara prokrastinasi akademik dengan hasil belajar sosiologi siswa kelas X Fase E di SMAN 14 Padang. Namun masih terdapat pengaruhnya terhadap hasil belajar sosiologi walaupun hanya 18%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti pada penelitian ini berupa faktor motivasi belajar siswa, kebiasaan belajar, kecerdasan emosional, lingkungan belajar, dukungan orang tua, kualitas pengajaran, kesehatan fisik dan mental, dan akses sumber belajar.
References
Baharuddin, M. (2007). Pendidikan Humanistik: Konsep, Teori, dan Aplikasi dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: AR Ruzz Media.
Damanik, S. (2022). Pengruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas Taruna Mandiri Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Dimyanti, D. & Mudjiono, M. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Ferrari, J.R. et al. (1995). Penundaan dan Penghindaran Tugas: Teori, Penelitian dan Pengobatan. New York: Springer Sains & Media Bisnis, LLC.
Ghufron, M. N., & Risnawita, S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogjakarta: Ar-ruzz Media.
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi. Aksara.
Fidrayani, F., & Aulia, I. N. (2021). Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 Sd Al-Fath Cirendeu. Indonesian Psychological Research, 3(1), 15-22.
Jessica G. (2023). Pengaruh Prokrastinasi Akademik dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA di MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2022/2023. UINKHAS Jember.
Joseph, R. (2008). Self Handicapping By Procrastinator: Academic Procrastination. UIN Alauddin Makassar.
Kim, J., Hong, H., Lee, J., & Hyun, M. H. (2017). Effects of time perspective and Self-Control on procrastination and Internet addiction. Journal of Behavioral Addictions. https://doi.org/10.1556/2006.6.2017.017
Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 45-52.
Paranna, A. L. (2021). Pengaruh prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tarakan. Universitas Borneo Tarakan.
Piaget, J. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Jakarta: Gramedia.
Putri, T. E. (2022). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas Xi di SMA Negeri 6 Tanjung Balai. Universitas Medan Area.
Sardiman, S. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rjawali Pers.
Slameto, S. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Setiyowati, R. (2016). Hubungan Self-Efficacy dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Se-Kecamatan Kuwarasan. Ekuivalen-Pendidikan Matematika,2 4(2).
Sitti, J. et al. (2022). Hubungan antara Prokrastinasi Akademik dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD. UIN Malang.
Sukardi, S. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta : Bumi Aksara.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Solomon. L. J. & Rothblum, E. D. (1986). Procrastination: A Review of The Research. Phychological Bulletin, 99(1), 46-64.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.