Strategi Sekolah Mengantisipasi Learning Loss Pasca Pandemi Covid 19 (Studi Kasus: Siswa Kelas XII di SMA Negeri 2 Gunung Talang)

  • Rio Ananda Saputra Universitas Negeri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang
Keywords: Kualitas lulusan, Pembelajaran pasca pandemi, Strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi sekolah mengantisipasi learning loss pasca pandemi Covid 19, hal ini menarik untuk diteliti karena selama masa pandemi telah mengakibatkan learning loss terjadi pada kualitas lulusan siswa kelas XII. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan total 10 informan yang terdiri dari pejabat sekolah seperti kepala sekolah, wakil kurikulum, wakil kesiswaan, guru konseling, guru pengajar, dan beberapa siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung ke sekolah SMAN 2 Gunung Talang , wawancara dan melakukan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dari Miles dan Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Penelitian ini dianalisis dengan teori structural fungsional Talcott Parson dengan skema AGIL (adaptation, goal, integrity, and latency). Hasil penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Gunung Talang melakukan beberapa strategi dalam mengantisipasi learning loss pada kualitas lulusan pasca pandemi Covid 19 diantaranya mengobtimalkan kegiatan intrakulikuler, co-kulikuler dan kegiatan intrakulikuler. Diantaranya membuat parenting class, memperbaiki kinerja guru, optimalisasi kurikulum merdeka, pembuatan tim kusus, melibatkan alumni, melaksanakan tambahan belajar dan perbaikan sarana dan prasarana.

References

Ahmad, N., & Kholisoh, N. L. (2020). Manajemen Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Di MAS YPP Jamanis Perigi Dan MAN 1 Pangandaran. IIsamic Education Manajemen, 5(2), 201–220.
Aisya, A. N., Syarifatul, U., & Siti, A. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Teknologi Di masa Pandemi Covid 19 Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi Di MAN 2 Jember. Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1).
Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan4, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. 2, 7.
Bypmyrr, Y., & Rohmiyati, Y. (2013). Peran Taman Bacaan Masyarakat Dalam Menumbuhkan Budaya Baca Anak Di Taman Bacaan Masyarakat “MORTIR” Banyumanik-Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2.
Dewi, R. P., & Hidayah, S. N. (2019). Tugas Akhir Semester ” Studi Kasus ” Metode Penelitian Kualitatif Oleh : Jurusan Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Sorong. 1–30.
Fahadah, S. E., Nurika, & Lutfiya, F. (2021). Penerapan PjBL (Project Based Learning) Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 199–207.
Juwita, R., Firman, F., Rusdinal, R., Aliman, M., & Malang, U. N. (2020). Meta Analisis: Perkembangan Teori Struktural Fungsional dalam Sosiologi Pendidikan. 3(1), 1–8.
Maulyda, M. A., Erfan, M., & Hidayati, V. R. (2021). Analisis Situasi Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 di SDN Senurus: Kemungkinan Terjadinya Learning Loss. Collase, 04(03), 328–336.
Fasli Jalal, P. . (2021). Learning Loss : Konsep dan Praktik.
Rachmawati, R. (2020). Analisis Keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan (Skl), Kompetensi Inti (Ki), Dan Kompetensi Dasar (Kd) Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 12(34), 231–239.
Sidi, P. (2014). Krisis Karakter Dalam Perspektif Teori Struktural Fungsional. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 72–81.
Soeryanto. (2020). Peluang Menurunnya Capaian Hasil Belajar ( Learning Loss ) Dan Alternatif Solusinya : Kajian Kasus Pembelajaran Online Di Era Pandemi Covid-19 Di Jurusan Teknik Mesin Unesa.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Alfabeta,Bandung.
Published
2023-03-10
How to Cite
Saputra, R. A., & Fernandes, R. (2023). Strategi Sekolah Mengantisipasi Learning Loss Pasca Pandemi Covid 19 (Studi Kasus: Siswa Kelas XII di SMA Negeri 2 Gunung Talang). Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(1), 77-86. https://doi.org/10.24036/nara.v2i1.95