Program Sekolah Ramah Anak dalam Mewujudkan Pendidikan Anti Kekerasan di Sekolah (Studi Kasus di SMAN 3 Bukittinggi)

  • Lisa Molzana Universitas Negeri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang
Keywords: Pendidikan anti kekerasan, Sekolah ramah anak, SMAN 3 Bukittinggi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi pendidikan anti kekerasan di sekolah. Pendidikan anti kekerasan sebagai proses internalisasi nilai-nilai anti kekerasan pada peserta didik agar memiliki karakter anti kekerasan. Penelitian ini dilakukan di SMA N 3 Bukittinggi dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di Bukittinggi. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah informan 10 orang yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pengajar, satpam sekolah dan beberapa siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung ke SMA N 3 Bukittinggi, mewawancarai informan dilapangan dan melakukan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan triagulasi data. Penelitian ini dianalisa dengan teori struktural fungsional Talcott Parson dengan skema AGIL (Adaptation, Goal, Integrity, and Latency). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program sekolah ramah anak di SMA N 3 Bukittinggi sudah berjalan walaupun belum optimal dan dalam menjalankan program sekolah ramah anak pihak sekolah menjalankan beberapa program yaitu reintegrasi dalam kegiatan upacara dan kultum, sosialisasi dalam ruangan dan luar ruangan dan menggunakan CCTV sebagai pengawasan siswa dalam lingkungan sekolah.

References

Wahab Abdul. 2021. Teori Dan Aplikasi Ilmu Pendidikan. pertama. edited by
WahaAbdul. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Undang-undang. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003
Tentang Sistim Pendidikan Nasional.”
Undang-undang. 2014. “Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Anak Republik
Indonesia.” 1–30.
Sugiyono. 2013. Metode Pebelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 19th ed. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Mulyarto. 1992. Analisasis Data : Buku Sumber Tentang Metode Metode Baru / Matthew
B. Miles, A. Michael Huberman. Jakarta: Universitas Indonesia.
Sunarti, Euis, I. R. Johan, and Christine Haryati. 2010. “Hubungan Fungsi AGIL Dengan
Kesejahteraan Keluarga Nelayan Yang Rawan Terkena Bencana Alam.” Jurnal
Ilmu Keluarga Dan Konsumen 3(1):11–17. doi: 10.24156/jikk.2010.3.1.11.
Agil, Fungsi, D. A. N. Keberdayaan, Keluarga Di, Perkotaan Dan, D. A. N. Kecamatan
Jasinga, Agil Functions, T. H. E. Power, O. F. Family, I. N. Urban City, Case Of,
Family In, Duren Sawit, and Jasinga Districts. 2007. “Urnal Enyuluhan.” 3(1).
Published
2023-03-10
How to Cite
Molzana, L., & Fernandes, R. (2023). Program Sekolah Ramah Anak dalam Mewujudkan Pendidikan Anti Kekerasan di Sekolah (Studi Kasus di SMAN 3 Bukittinggi). Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(1), 87-94. https://doi.org/10.24036/nara.v2i1.96