Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri Binaan Khusus Dumai Riau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada hubungan yang signifikan antara interaksi teman sebaya dengan disiplin belajar siswa kelas XI SMA Negeri Binaan Khusus Dumai Riau. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas yaitu interaksi teman sebaya dan satu variabel terikat yaitu disiplin belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 287 siswa dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 74 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket dan dianalisis menggunakan uji normalitas, linieritas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi teman sebaya dengan disiplin belajar diperoleh nilai korelasi rhitung -0,469 > rtabel 0,351 pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan berada diantara 0, 40 hingga 0,599 dalam kategori hubungan sedang. Terdapat hubungan yang signifikan bernilai negatif antara variabel interaksi teman sebaya dengan disiplin belajar. Interaksi teman sebaya merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi disiplin belajar.
References
Astuti, D. (2020). Hubungan Minat Belajar Dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Kedisiplinan Siswa. Tesis,Bimbingan Dan Konseling,Universitas Negeri Padang.
Eka, S., & Suparno. (2010). Interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya Pada Anak Homeschooling Dan Anak Sekolah Reguler. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 12.
Hamzah, F., & Setiawati. (2020). Hubungan Antara Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Belajar. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3).
Hurlock, E. (1994). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta:Erlangga.
Santrock, J. W. (2008). Life-Span Development. Perkembangan Masa Hidup. Jilid 2 Edisi kelima. Jakarta:Erlangga.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. (2010). Psikologi Penddikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zuhri, A. S. (2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X Ma Ma ’ Arif 06 Seputih Raman Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.