Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning dengan Metode Debat Terhadap Kemampuan Critical Thinking dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 12 Padang

  • Revitasari Revitasari Universitas Negeri Padang
  • Nurlizawati Nurlizawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Critical thinking, Model Discovery Learning, Metode Debat

Abstract

Pembelajaran sosiologi melibatkan studi tentang masyarakat, budaya dan interaksi sosial, dalam proses ini terdapat beragam prespektif dan teori yang berbeda. Critical thinking penting untuk dimiliki siswa karna dengan memiliki kemampuan critical thinking siswa dapat memahami perspektif-perspektif ini dengan lebih baik, mengevaluasi kelebihan dan kelemahan masing-masing, serta menyimpulkan secara kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning yang dikombinasikan dengan metode debat terhadap kemampuan critical thinking siswa dalam pembelajaran sosiologi di SMAN 12 Padang, yang dianalisis dengan menggunakan teori pembelajaran bermakna oleh David P. Ausubel. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengambilan data meliputi observasi, tes dan studi dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan critical thinking siswa di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan metode debat. Peningkatan ini terlihat pada kelas eksperimen, di mana sebelum perlakuan rata-rata 46,66 meningkat menjadi 80,18 setelah diberi perlakuan. Peningkatan kemampuan critical thinking ini karena siswa tidak hanya belajar untuk menyerap informasi, tetapi juga menghubungkan, menganalisis, dan mengevaluasi informasi tersebut secara bermakna.

References

Ade Haerullah, S. H. (2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Lintas Nalar, CV.
Akhiruddin, R. (2017). Strategi Pembelajaran Sosiologi. Yogyakarta: Samudra Biru.
Amalia, F. (2022). Pengaruh Metode Debat Terhadap Keterampilan Berbicara di SMAN 2 Kampar.
Ennis, R. H. (1995). Critical Thinking. University of lllinois.
Govan Star Berjamai, E. I. (2020). Kajian Faktor-Faktor Penghambat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 44-49.
Jodion Siburian, E. S. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Implementasi Flipped Classroom pada Siswa SMA. INKUIRI, 71-80.

Karimuddin Abdullah, d. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Mantari, N. N. (2023). Penerapan Metode Debat Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Gowa. PINISI Journal of Education, 105-116.
Mulyani, A. Y. (2022). Pengembangan Critical Thinking dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 100-105.

Nuraini, I. (2022). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Critical Thinking Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTS Annajah Petukangan Jakarta Selatan.
Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Lantanida Journal, 75-86.

Reni Padmawati Bintari, P. C. (2023). Pengaruh Metode Debat Aktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran PKN siswa Kelas V. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, (pp. 968-973).
Resti Septikasari, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 Dalam pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad Vol lll, 107-117.

Wijriati, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Debat untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora , 507-514.
Wikky Zandagi, B. S. (2018). Studi Komparasi Antara Metode Pembelajaran Debat dan Diskusi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMAN 6 Semarang. Historia Pedagogia, 129-137.
Published
2024-09-13
How to Cite
Revitasari, R., & Nurlizawati, N. (2024). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning dengan Metode Debat Terhadap Kemampuan Critical Thinking dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 12 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(3), 181-190. https://doi.org/10.24036/nara.v3i3.220