Penerapan Model Kooperatif Make A Match Berbantuan Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X Fase E SMA Eka Sakti Padang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi melalui penerapan model kooperatif make a match berbantuan wordwall. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini menggunakan desain PTK Kemmis dan Mc Taggart dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Fase E SMA Eka Sakti Padang tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator keberhasilan belajar yaitu nilai rata-rata meningkat dan ketuntasan belajar siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM 76). Teknik analisis data berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Teori yang digunakan dalam analisis penelitian ini adalah teori kognitif Ausubel yang dikenal sebagai teori belajar bermakna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif make a match berbantuan wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi. Hal ini terlihat dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata siklus I adalah 70 dan persentase ketuntasan 50%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II hasil belajar meningkat secara signifikan dengan nilai rata-rata 84,66 dan persentase ketuntasan sebesar 86,66% dengan kategori sangat baik.
References
Ari, N. L. P. M., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Mimbar PGSD Undiksha, 7, 1–9.
Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Erlangga.
Hidayaty, A., Qurbaniah, M., & Setiadi, A. E. (2020). Pengaruh Media Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan.
Joyce, B., & Weil, M. (1980). Models of Teaching (Second). Englewood Cliffs, New Jersey:Prentice-Hall,Inc.
Kemendikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Sosiologi Fase E- Fase F Untuk SMA/MA/Program Paket C.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Khofiyah, S. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar PAI Melalui Model Make A Match Terhadap Siswa SMPN 1 Kesesi, Pekalongan, Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 81–100.
Nurhasanah, S. dkk. (2019). Strategi Pembelajaran. Edu Pustaka.
Nurlina, N. & A. B. (2021). Teori Belajar & Pembelajaran. LPP Unismuh Makassar.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Pamungkas, Z. S., Randriwibowo, A., Nur, L., Wulansari, L. N. A., Melina, N. G., & Purwasih, A. (2021). Pengembangan media membelajaran interaktif Wordwall dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education Universitas Jenderal Soedirman IAIN Metro, 2(2), 136–148. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/social-pedagogy
Rahmatina, & Eliyasni, R. (2021). Teori dan Praktik Cooperative Learning di SD. Rajawali Pers.
Rusman. (2018). Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (2nd ed.). Rajawali Pers.
Rusminawati, E. N., & Mediatati, N. (2017). Penerapan Model Make a Match Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 119–126. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1038
Sabahiyah, Iman, N., & Huda, K. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Ẽl-Midad Jurnal Jurusan PGMI, 10(2), 153–167.
Sirajuddin, R. R. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 15 Makassar. Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 4(1), 87–92.
Suprapta, D. N. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. 4(3), 240–246.
Sya’bani Asa, Y., Sukidin, & Tiara. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament(TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Education Research and Developmen, 63–74.
Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Utami, F., Sheftyawan, W. B., Pratama, A. Y., & Supriadi, B. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(2), 61. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i2.38890