Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas 10 Fase E SMA Negeri 2 Padang

Authors

  • Alvita Dewi Ardayah Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Junaidi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.306

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Model Discovery Learning, Pembelajaran Sosiologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mendasari guru menerapkan model discovery learning dan penerapan model discovery learning dalam pembelajaran sosiologi di kelas 10 Fase E SMA Negeri 2 Padang. Permasalahan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 10 yang masih belum mencapai KKTP yang telah ditetapkan. Teori yang digunakan adalah teori kognitvistik Jerome Bruner dan teori pemrosesan informasi Robert M Gagne. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian evaluasi model CIPP. Informan penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mendasari guru menerapkan model discovery learning yaitu materi yang diajarkan lebih banyak ke konsep-konsep, mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran, tuntutan kurikulum merdeka. Pada saat penerapannya terdapat sintak dari model discovery learning yang tidak terlihat penerapannya yaitu stimulus, pernyataan/identifikasi masalah dan pengolahan data.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: CV. Syakir Media Perss.

Ade, H., & Hasan, S. (2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi). Jakarta: Lintas Nala.

Arifin, Z. (2012). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum: konsep, teori, prinsip, prosedur, komponen, pendekatan, model, evaluasi dan inovasi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

El Khuluqo, I. (2017). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spriritual dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fatah, A. H., & Risfina, A. M. (2023). Teori Pemrosesan Informasi dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1632–1641. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5256

Fauzan, F. (2017). Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: GP Press.

Hariyanto, H. & Suyono, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, M. M. (2018). Penelitian Evaluasi Bidang Pendidikan (Pendekatan Kualitatif). Makassar: Alauddin University.

Kusumawati, P. R. (2020). Evaluasi Pembelajaran IPA Model Discovery Learning Menggunakan Model Countenance Stake. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 20. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).20-31

Lidiawati, Lastriyani, I., Gunawan, U., Berliana, Fitriyani, I. F., Fuzi, A. N., Margono, Marup, Firman, M., & Apip, M. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Analisis , Implementasi , Pengelolaan dan Evaluasi. Jakarta: CV. Eureka Media Aksara.

Masykur, R. (2013). Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum Edisi Revisi. In Aura Publisher (Issue September). Jakarta: Anungrah Utama Rahaja.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualittaif. Jakarta: Harva Creative.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan strategi dan model pembelajaran: inovatif, kreatif, dan prestatif dalam memahami peserta didik. Bandung: Pustaka Setia.

Qamarya, N., et al. (2023). Model Pembelajaran. In Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu. Jakarta: Eureka Media Aksara.

Sabda, S. (2016). Pengembangan Kurikulum (Tinjauan Teoritis). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Salamun, Widyastuti, A., Syawaluddin, Iwan, R. N. A., Simarmata, J., Simarmata, E. J., Suleman, Y. N., Lotulung, C., & Arief, M. H. (2023). Model-Model Pembelajaran Inovatif . Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tyler, R. W. (1950). Basic principles of curriculum and instruction. In Curriculum studies reader. UK: Routledge.

Unruh, G. G. & Unruh, A. (1984). Curriculum development: Problems, processes, and progress. Mcutchan: Berkeley, CA

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zulfah, S. A., & Mukhoiyaroh, M. (2022). Penerapan Teori Pemrosesan Informasi Robert M. Gagne pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Mubarok Surabaya. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(2), 144–157. https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.498

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Dewi Ardayah, A., & Junaidi, J. (2025). Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas 10 Fase E SMA Negeri 2 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(2), 255–265. https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.306