Adaptasi Guru Sosiologi Sekolah Penggerak di Kota Padang Terhadap Kurikulum Merdeka

  • Annisa Rahma Dani Universitas Negeri Padang
  • Nurlizawati Nurlizawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Adaptasi, Guru, Kurikulum merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagamaina proses adaptasi guru terhahap kurikulum merdeka. Latar belakang penelitian ini dilihat dari adanya perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Perubahan yang terjadi yaitu RPP diganti menjadi modul ajar, diterapkannya profil pelajar pancasila, diadakannya projek sekolah dan kemampuan siswa sudah dibedakan berdasarkan hasil tes diagnostic dan IQ. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2,3,7,9 dan 15 Padang. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah teori A, G, I, L oleh Talcoot Parsons.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik dalam pemilihan informan adalah purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 14 orang informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yang digunakan adalah teknik tringulasi, pengecekan data kembali dengan teknik yang berbeda sehingga mendapatkan data yang valid. Teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 2,3,7,9 dan 15 Padang. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam beradaptasi dengan kurikulum merdeka sudah mulai banyak guru yang bisa menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran berdiferensiasi yang sudah diterapkan oleh guru adalah pada pengerjaan tugas, guru memberikan kebebasan kepada siswa dalam pengerjaan tugas. Guru sudah tidak lagi menyamaratakan kemampuan siswa karena siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Kemampuan ini bisa kita lihat melalui tes diagnostic dan tes IQ untuk yang non kognitifnya. Media pembelajaran yang digunakan guru sudah mulai bervariasi, guru sudah menggunakan ppt dan penampilan video dalam proses belajar mengajar.

References

Azhari, M. (2013). Konsep Pendidikan Sains Menurut Al-Razi (Tela’ah Terhadap Tafsir Mafātīḥ al-Ghayb). Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(1), 42–57.
Baderiah.(2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. Palopo: IAIN Palopo.
Bugin, B. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (2nd ed.). Jakarta: Kencana.
Haristah, H., Azka, A., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019).Pengembangan Modul Pembelajaran. 1(5), 224–236.
Hastasasi, W., Harjatanaya, T. Y., Kristiani, A. D., Herutami, I., & Andiarti, A. (2022).Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan.
Kemdikbud.(2021). Program Sekolah Penggerak. Retrieved from Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi website: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/
Mardiana, & Khoiri, A. (2021). Adaptasi Sekolah Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 77–90.
Martono, N. (2014). Sosiologi Perubahan Sosial Perspektif Klasik, Modern, Posmodern, dan Poskolonial. Jakarta: Rajawali Pers.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994).Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. California: Sage.
Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oktafiana, S., Jaya, E. F., Nursa’ban, M., Supardi, & Satria, M. R. (2021).Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Patmanthara, S. (2012).Analisis Pelaksanaan Uji Online pada Kompetensi Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dan Kesiapan Infrastruktur di SMA Kota Malang.Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(1), 28–37.
Permen RI. (2021). Standar Nasional Pendidikan Pada Pasal 35 ayat (1). Jakarta: Peraturan Pemerintah Republik Indonesia.
Sekretariat KSPSTK. (2021). Kepmendikbud Nomor 162/M/2021 tentang Program Sekolah Penggerak. Retrieved from p3gtk kemdikbud website: https://p3gtk.kemdikbud.go.id/read-news/kepmendikbud-nomor-162m2021-tentang- program-sekolah-penggerak
SK Dirjen Pendidikan. (2021). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Nomor: 6555/C/HK.00/2021 tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Program Sekolah Penggerak. Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Soedijarto.(2008). Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita. Jakarta: Kompas.
Soekanto, S., & Sulistyowati, B. (2017).Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Subandiyah.(1993). Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: Grafindo Persada.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang RI. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Undang-Undang Republik Indoneisa.
Wahyuni, D. (2022). Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Published
2023-06-27
How to Cite
Dani, A. R., & Nurlizawati, N. (2023). Adaptasi Guru Sosiologi Sekolah Penggerak di Kota Padang Terhadap Kurikulum Merdeka. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(2), 140-147. https://doi.org/10.24036/nara.v2i2.100