Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Quizizz dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lubuk Sikaping

  • Nurul Kartika Rizani Universitas Negeri Padang
  • Nurlizawati Nurlizawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Keaktifan Belajar, Team Games Tournament, Quizizz

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sosiologi di SMAN 1 Lubuk Sikaping khususnya kelas XI IPS 2. Upaya yang tepat untuk mengatasi masalah keaktifan belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament berbantuan quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lubuk Sikaping pada pembelajaran sosiologi, dengan menerapkan cooperative learning tipe teams games tournament berbantuan quizizz tahun ajaran 2023/2024. Teori yang digunakan yakni teori kognitif belajar bermakna (meaningful learning) yang sejalan dengan judul penelitian dimana mengharapkan memberikan kebermaknaan dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajran yang baru dan interaktif. Penelitian ini termasuk penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lubuk Sikaping, desain penelitiannya yakni Tindakan kelas dari Mc Taggart, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe teams games tournament berbantuan quizizz dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas. Setelah penerapan model dan media tersebut meningkat pada siklus I sebesar 40,61%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81,02%. Hasil penelitian ini mengkategorikan siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lubuk Sikaping dengan penerapan model cooperative learning tipe teams games tournament berbantuan quizizz dikatakan tinggi.

References

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas.
Ayu, D., & Wastari, Y. (2017). Implementation Of Gamification Based Oorperative Learning To Students’ Learning Outcomes Of Adjusting Journal Entry At Grade X Accounting G Students Of Smk Muhammadiyah 1 Yogyakarta In The Academic Year Of 2017/2018.
Falah, A. N. (2018). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran PKN di Kelas V SD Negeri Sukomulyo Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta.
Muliya. (2022). Penerapan Media Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Busana 2 Muliya Muliya Smk Negeri 3 Palangka Raya, Kota Palangkaraya. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3.
Yuliani, M., Yuliani, M., Ridwan Habibi, M., Sri Murnihati, S., & Majid, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sade Barabali Lombok Tengah. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan.
Published
2024-09-13
How to Cite
Rizani, N. K., & Nurlizawati, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Quizizz dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lubuk Sikaping. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(3), 318-327. https://doi.org/10.24036/nara.v3i3.226