Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Pertiwi 1 Padang
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena masih rendahnya hasil belajar sosiologi peserta didik kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata Pelajaran Sosiologi di SMA Pertiwi 1 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 70 peserta didik yang terbagi dalam kelas eksperimen yaitu kelas XI IPS 1 sebanyak 35 orang peserta didik dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPS 2 sebanyak 35 orang peserta didik. Data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data memakai uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Adapun teori yang digunakan dalam menganalisis hasil penelitian ini yaitu teori kontruktivisme. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu metode pembelajaran role playing berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS mata pelajaran sosiologi di SMA Pertiwi 1 Padang. Hal ini dapat dilihat saat proses pembelajaran peserta didik menjadi aktif, semangat dan antusias dalam belajar. Jadi, peningkatan hasil belajar peserta didik mengggunakan metode pembelajaran role playing dapat terjadi karena dalam proses pembelajaran role playing peserta didik diberikan kesempatan untuk mengungkapkan pendapatnya, membangun sendiri pengetahuan berdasarkan pengalaman dan pengamatan secara langsung. Hal ini membuat peserta didik mudah memahami materi pembelajaran. Dengan pahamnya peserta didik terhadap materi pembelajaran maka membuat hasil belajar menjadi meningkat.
References
Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal Mudarrisuna, 7(1), 131–147.
Bungin, B. (2005). Metodologi penelitian Kuantitatif. Jakarta : Prenada Media.
Hariani, N. M. M. (2019). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 63–74.
Indriati. (2017). Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas V SDN Sisik Timur Kecamatan Pringgarata Tahun Pelajaran 2016/2017. UIN Mataram.
Ningrum, D. C. (2020). Penerapan Model Bermain Peran (Role Playing) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Kotagajah Lampung Tengah. Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung.
Nurhasana, I. A., Sujena, A. & Sudin, A. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Prestasibelajar. Uniedu, 1(2), 182–191.
Rumianda, L., Soepriyanto, Y., & Abidin, Z. (2020). Gamifikasi Pembelajaran Sosiologi Materi Ragam Gejala Sosial sebagai Inovasi Pembelajaran Sosiologi Yang Aktif dan Menyenangkan. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 125–137.
Saputri, R., & Yamin, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7275–7280.
Siregar, Eveline, Nara, H., & Jamludin, A. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Solihin, S. et al. (2021). Implementasi Nilai Persatuan dan Kesatuan Bangsa dengan Model Pembelajaran Role Playing di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5731–5738.
Suciati, S. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi tentang Jati Diri (Talking About Self) melalui Penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) di Kelas X MIPA. 1 SMAN 4 Kota Bima Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 157-176.
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhadi, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pernikahan dalam Tinjauan Hukum Islam Siswa Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 2 Sigli Tahun Ajaran 2020/2021. Tanjak: Journal of Education and Teaching, 3(2), 128–136.
Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2070–2080.
Suciati, S. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi tentang Jati Diri (Talking About Self) melalui Penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) di Kelas X MIPA. 1 SMAN 4 Kota Bima Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 157-176.
Copyright (c) 2025 Yuliza Florechita & Junaidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.