Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas XI SMA N 1 Kecamatan Guguak

  • Putri Rosheila Universitas Negeri Padang
  • Eka Asih Febriani Universitas Negeri Padang
Keywords: Berpikir Kritis, Metode, Mind Mapping

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu peserta didik kurang mampu dalam berpikir kritis dilihat dari hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Mind Mapping terhadap keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan teori pemprosesan informasi Robert Gagne. Metode penelitian ini adalah kuantitatif tipe eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA N 1 Kecamatan Guguak. Pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen G-Sos 2 sebanyak 35 siswa dan kontrol E-Sos 1 sebanyak 35 siswa. Teknik analisis data menggunakan Uji independent sample tes (uji T). Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata tes sosiologi kelas eksperimen 75,43 dan nilai rata-rata tes sosiologi kelas kontrol adalah 42,29. Setelah dilakukan uji hipotesis pada taraf nyata 0,05 diperoleh t 12.485 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang artinya HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan metode Mind Mapping terhadap keterampilan berpikir siswa dalam pembelajaran sosiologi kelas XI SMA N 1 Kecamatan Guguak.

References

Penelitian Kuantitatif
Published
2024-09-13
How to Cite
Rosheila, P., & Febriani, E. A. (2024). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas XI SMA N 1 Kecamatan Guguak. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(3), 283-290. https://doi.org/10.24036/nara.v3i3.217