Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Enam Lingkung Padang Pariaman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media powtoon terhadap hasil belajar sosiologi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan Posttest Only design group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Enam Lingkung Padang Pariaman. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data berupa data post-test. Analisis data dalam penelitian ini berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis berupa uji-t. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji t yaitu aplikasi SPSS 22 dan dihitung secara manual. Hasil uji t diperoleh dengan menggunakan SPSS 22 independent sample t-test dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,336 > 0,05 dan setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan rumus uji t manual diperoleh hasil nilai posttest dari kedua kelas dengan = 0.9562 dan = 1.997 pada taraf α = 0.05/2= 0.025 dan dk = + - 2 = 33 + 33 -2 = 64. Jika dibandingkan dengan maka diperoleh < ) (0.9562 < 1.997). Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pawtoon terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Enam Lingkung.
References
Deliviana, E. (2017). Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya. Prosiding Seminar Internasional Dies Natalis Ke-56.
Friskilia, O., & Winata, H. (2018). Regulasi Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 184. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9454
Hasan et al. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: TAHTA MEDIA GROUP.
Kamalia, A. dan R. Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(1), 1–12.
Nurhadi. (2020). Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran. Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(3), 77–95.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal Misykat, 03,no 1(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
One. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(3), 210239.
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Ed. rev.,). Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (Cetakan ke). Bandung: Alfabeta.
Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588
Sulaiman dan Rahmayani, M. (2023). Pengaruh Media Powtoon Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5, 57–70.
Supardi. (2017). STATISTIK PENDIDIKAN: Perhitungan, Penyajian, Penjelasan, Penafsiran, dan Penarikan Kesimpulan (Cetakan ke). Depok: Rajawali Pers.
Suprihatiningrum, J. (2013). STRATEGI PEMBELAJARAN: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.