Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Keaktifan Siswa Kelas X dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 4 Sumbar
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya keaktifan siswa kelas X di SMA Negeri 4 Sumbar dengan persentase rata-rata keaktifan sebesar 30,56% yang masih termasuk kedalam kategori kekatifan rendah. Salah satu penyebabnya yaitu metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi serta kurang tepat dengan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Role playing dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi kelas X di SMA Negeri 4 Sumbar. Metode penelitian yaitu True Experiment Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XE2 (eksperimen) dan kelas XE3 (kontrol). Teori belajar yang digunakan yaitu teori behavioristik yang di kemukakan oleh Edward Lee Thorndike. Setelah dilakukannya uji hipotesis (uji-t) nilai signifikansi yaitu <,001 dimana nilai tersebut < 0,05. Jika dilihat dari interpretasi uji-t maka H1 diterima dan H0 di tolak. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Role playing terhadap keaktifan siswa kelas X dalam pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 4 Sumbar.
References
Amsari, D. (2018). Implikasi Teori Belajar E.Thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.49
Anggriani, R., & Ishartiwi, I. (2018). Keefektifan metode role playing terhadap keaktifan dan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 212–221. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i2.11017
Arfiyanto, D. Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Play Terhadap Peningkatan Disiplin. Universitas Muhammadiyah Magelang.
Erwani, S. (2014). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Pada Materi Berkomunikasi Melalui Telepon. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret, 3(1), 117478.
Fadhilah, A. Minat Belajar Drama dengan Menggunakan Metode Role Playing pada Siswa kelas XI-IPS 1 MAN 19 Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fahmi, J. A. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Student Teams Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta.
Fahyuni, E. F., & Istikomah. (2014). Psikologi Sosial: Kunci Sukses Guru dan Peserta didik dalam Interaksi Edukatif Pagei. Sidoarjo: Nizamia
Hartati, T., Widiyantoi, & Oktarina, N. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 1(1), 16.
Iswadi, I., & Herwani, H. (2021). Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di Era Pademi Covid-19: Active Learning Method Efforts To Improve Student Activity and Learning Outcomes in The Covid-19 Pandemic Era. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(1), 35-44.
Jaedun, A. (2011). Metodologi Penelitian Eksperimen. Yogyakarta: UNY.
Kurniawan, A.W. & Puspitaningtyas, P. (2016). Penelitian Kuantitatif, Metode Penelitian Kuantitatif. Agam: Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Maulana, H. (2020). Teori Belajar Behaviorisme Albert Bandura Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lisanuna: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 10(1), 22. https://doi.org/10.22373/ls.v10i1.7803
Muhamad, A. & Subiantoro, E. (2023). Penerapan Metode Role playing Mata Pelajaran PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 3(1), 113–120. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2978
Niyarci, N. (2022). Perkembangan Pendidikan Abad 21 Berdasarkan Teori Ki Hajar Dewantara. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.57251/ped.v2i1.336
Sa’adah, S. (2015). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok di Kelas V SDN Pisangan 03. UIN Syarif Hidayatullah.
Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206–218. https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619
Suseno, W., Yuwono, I., & Muhsetyo, G. (2017). Peningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Pembelajaran Kooperatif TGT. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1298–1307.
Suandi, A. (2023). Analisis Model Pembelajaran Role playing dalam Pembelajaran Sejarah di Jenjang Sekolah Menengah Atas untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Reflaktif. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 5(2).
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Copyright (c) 2025 Oline Davania Antoni & Junaidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.