Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sosiologi Kelas X SMAN 16 Padang

Authors

  • Septi Mutiah Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/nara.v4i3.346

Keywords:

Motivasi Belajar, Role Playing, Sosiologi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi belajar sosiologi peserta didik. Salah satu faktornya yaitu metode yang digunakan kurang menarik. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran sosiologi melalui penerapan metode pembelajaran role playing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus dan selama empat pertemuan, Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Fase E SMAN 16 Padang semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan dokumentasi. Indikator kriteria ketuntasan minimal 75. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori konstruktivisme Jean Piaget. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran sosiologi. Hal ini terlihat dari perolehan persentase rata-rata peningkatan motivasi belajar peserta didik siklus I sebesar 72,86% dan pada pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan dengan perolehan persentase rata-rata sebesar 84,33%. %, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran sosiologi di kelas X Fase E SMA Negeri 16 Padang, penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi guru untuk menerapkan metode role playing dalam pembelajaran, dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi sekolah dan peserta didik.

References

Anggriani, R. & Ishartiwi, I. (2017). Keefektifan Metode Role Playingterhadap Keaktifan dan Kerja Sama Siswa Dalam Pembelajaran Ips. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan Ips, 4(2), 212–221.

Antomina, A. et al. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas V SD Inpres 5 Dobo Antomina Kauy, Arience Lesnussa, Elsinora Mahananingtyas. Jurnal : Kamboti of Journal Education Research And Developmen, 2, 72–82.

Asy’ari, M., Ekayati, I. N., & Matulessy, A. (2014). Konsep Diri, Kecerdasan Emosi Dan Motivasi Belajar Siswa. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01). https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.372

Dewi, R. P. (2014). Penerapan metode pembelajaran role playing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1-11.

Florechita, Y., & Junaidi, J. (2025). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Pertiwi 1 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(1), 17-24.

Handayani, T. (2017). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar Pada Mata Kuliah Msdm. Jurnal Utilitas, 3(1), 1–13.

Hasrian, Z. L. (2016). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Materi Hiwar dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester II Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan, 8(2), 47–51.

Herawati, N. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Playing Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di MTs Al-Hikmah. Institute Agama Islam Metro.

Hoerudin, C. W. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 1–14.

Kurniawan, C. A. (2023, May). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Transformasi Pendidikan di Era Society 5.0. Prosiding Dewantara Seminar Nasional Pendidikan.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan, 53(9), 1–11.

Kemendikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Sosiologi Fase E-Fase F Untuk Sma/Ma/Program Paket C. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/cp/dasmen/23. cp sosiologi.pdf

Mahardika, & Dkk. (2024). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Prestasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 2 Sd N 1 Kediri. Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 22(3), 55–64.

Mahmud, P. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Praktik). Jakarta: Tsabita.

Nurlizawati, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya di SMAN 1 Pasaman. Jurnal Socius: Journal Of Sociology Research And Education, 6(1), 33. https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.127

Puspitasari, T., & Martono, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Monopoli Pada Kompetensi Dasar Mengurus Atau Menjaga Sistem Dokumen Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 927–940. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Schunk, D. (2012). Learning Theories: An Educational Perspectives (6th Ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siregar, H. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Siregar, H. et al. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran (Jalaludin (Ed.); 4th Ed.). Ghalia Indonesia.

Solihin, & Dkk. (2021). Implementasi Nilai Persatuan Dan Kesatuan Bangsa dengan Model Pembelajaran Role Playing di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5731–5738.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (1st Ed.). Bandung: Alfabeta.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jiip ( Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5, 2070–2080.

Tri, H. et al. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkat- Kan Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 1(1).

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yusuf, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Downloads

Published

2025-09-19

How to Cite

Septi Mutiah, & Sylvia, I. (2025). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sosiologi Kelas X SMAN 16 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(3), 429–438. https://doi.org/10.24036/nara.v4i3.346