Pengembangan E-LKPD Sosiologi Berbasis Multimedia Untuk Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 2 Painan

  • Dian Roswidia Dahari Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
  • May Nessa Yolanda Universitas Negeri Padang
Keywords: Efektifitas, E-LKPD Sosiologi, Multimedia, Praktikalitas, Validitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pengembangan produk E- LKPD Sosiologi berbasis multimedia pada materi permasalahan sosial untuk peserta didik kelas XI IPS, 2) Untuk mengetahui validitas produk E- LKPD Sosiologi berbasis multimedia pada materi permasalahan sosial untuk peserta didik kelas XI IPS, 3) Untuk mengetahui praktikalitas produk E- LKPD Sosiologi berbasis multimedia pada materi permasalahan sosial untuk peserta didik kelas XI IPS, 4) Untuk mengetahui efektifitas produk E- LKPD Sosiologi berbasis multimedia pada materi permasalahan sosial untuk peserta didik kelas XI IPS. Dalam penelitian ini, menggunakan Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Four-D Models). Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data data dari penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif, untuk melihat apakah E- LKPD Sosiologi berbasis multimedia pada pembelajaran sosiologi valid, praktis dan efektif peneliti melakukan uji validitas yang dilakukan dengan validator 1 dan validator 2, serta uji kepratisan dan uji efektifitas dengan guru dan siswa SMA Negeri 2 Painan. Penelitian ini menggunakan teori yang bernama teori difusi inovasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pengembangan E- LKPD Sosiologi berbasis multimedia hasil pengembangan dalam materi permasalahan sosial dinyatakan valid dimana hasil validitas dari validator 1 diperoleh nilai 64 presentase 80% dengan kategori layak, untuk hasil validator 2 diperoleh nilai 60 presentase 75 % dengan kategori valid, hasil kepratisannya diperoleh nilai 52 presentase 86% dengan kategori valid dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk peserta didik kelas XI IPS SMA N 2 Painan.

References

Akhir, T. (2012). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Multimedia Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). buku cepi - Copy.pdf. In Evaluasi Program Pendidikan (p. 228).
Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.
Awe, E. Y., & Ende, M. I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SDI Rutosoro Di Kabupaten Ngada. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 48. https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1782
Haqsari, R. (2014). Pengembangan dan analisis e-lkpd (elektronik - lembar kerja peserta didik) berbasis multimedia pada materi mengoperasikan software spreadsheet. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Mudlofir, A. (1967). Desain Pembelajaran Inovatif. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38.
Muthoharoh, M., Kirna, I. M., & Indrawati, G. ayu. (2017). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 13. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12805
Sari. (2019). Media Pembelajaran. 1–127.
Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 774–783.
Published
2024-06-19
How to Cite
Dahari, D. R., Sylvia, I., & Yolanda, M. N. (2024). Pengembangan E-LKPD Sosiologi Berbasis Multimedia Untuk Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 2 Painan. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(2), 156-167. https://doi.org/10.24036/nara.v3i2.210