Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X SMAN 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar Sosiologi siswa kelas X.IPS di SMA N 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan kurang bervariasinya model pembelajaran guru selama proses belajar berlangsung. Hal menyebabkan siswa merasa jenuh dan kurang aktif selama pembelajaran berlangsung. Dalam mengatasi permasalahan tersebut model pembelajaran yang digunakan guru harus diubah dari model pembelajaran langsung menjadi model pembelajaran inkuiri terbimbing agar dapat mencapai tujuan pembelajaran serta menjadi solusi dari permasalahan yang ada. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian tentang pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa adalah teori kontruktivistik. dengan asumsi bahwa pada teori ini siswa sebagai studen senter dimana siswa haruas lebih aktif terhadap pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen (quasi experimen) dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posstest control grup design. Prosedur penelitian meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Sitiung, Kabupaten Dharmasraya dan sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki kategori sangat terbanyak adalah baik 92,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sosiologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sitiung.
References
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Miftahul, H. (2011). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Periera, S. (2015). Pentingnya Rancangan Pembelajaran Sosiologi bagi Dunia Pendidikan di Timor Leste. Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–114.
Suprijono, & Agus. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Copyright (c) 2024 Ratih Kurnia Putri & Desri Nora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.