Implementasi PBL Berdasarkan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 4 Bukittinggi

Authors

  • Kirana Kirana Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Junaidi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.311

Keywords:

Implementasi, Kurikulum Merdeka, Problem Based Leaning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dalam Kurikulum Merdeka di SMAN 4 Bukittinggi. Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran yang berpusat pada siswa, dengan PBL sebagai salah satu model pembelajaran yang direkomendasikan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah. Penggunaan PBL di sekolah ini telah dilaksanakan secara menyeluruh dalam proses pembelajaran dan diterapkan di dalam kelas dengan mengikuti modul ajar. Namun, kenyataannya pelaksanaan PBL belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan panduan yang tercantum dalam modul ajar. Terdapat kesenjangan antara pelaksanaan di lapangan dengan konsep ideal yang diharapkan, baik dari segi perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan terbatas, wawancara terbuka, dan dokumentasi modul ajar sosiologi fase F, serta RPP Sosiologi fase F. Informan dipilih secara purposive sampling, dengan kriteria guru sosiologi, guru yang menggunakan PBL dan siswa fase F yang mempelajari sosiologi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman yang meliputi tiga komponen utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PBL dalam kelas telah sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Namun, guru belum sepenuhnya menguasai modul ajar dalam praktik pembelajaran langsung. Hal ini menunjukkan perlunya penguatan kompetensi guru dalam penggunaan modul ajar, yaitu dengan memahami dan merealisasikan isi modul ajar ke dalam pembelajaran di kelas agar pelaksanaan PBL lebih optimal.

References

Ahmad, A. K. (2024). Kurikulum Merdeka dalam Studi Kasus PBL: Penerapan, Kendala, dan Solusi. Journal of Mathematics Learning Innovation (JMLI), 3(1), 15–28. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v3i1.8338

Armadani et al., (2023). Analysis of the Implementation of Merdeka Belajar Curriculum in Students of SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 1(9), 341–347. https://doi.org/10.5281/zenodo.7527654.

Bahriyah, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Lerarning (Pbl) Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas Iv B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. UIN KH Achmad Siddiq Jember.

Dewey, J. (1938). The determination of ultimate values or aims through antecedent or a priori speculation or through pragmatic or empirical inquiry. Teachers College Record, 39(10), 471-485.

Fathurrohman, M. & Sulistiyorini, S. (2012). Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58

Khoirurrijal, F. et al. (2020). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang; Literasi Nusantara.

Nashrullah, M., Fahyuni, E. F., Nurdyansyah, N., & Untari, R. S. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data). Sidoarjo: UMSIDA Press

Putra, O. P. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Tematik Menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) Di Sekolah Dasar Negeri Mangunsari 01 Gunung pati Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Rahayu, S. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 20 Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Rhamayanti, R. F. (2021). Evaluasi program ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Legok Kabupaten Tangerang. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/58775%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/58775/1/11160182000047_Raras Feby Rhamayanti%281%29 - RARAS FEBY RHAMAYANTI 2016.pdf

Sudirman dan Rosmini Maru. (2014). Implementasi Model-Mdel Pembelajaran Dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas.

Wulansari. (2015). Problem Based Learning (PBL) adalah salah satu model pembelajaran matematika yang dipandang tepat untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis. Desy Fatmawati, september, 10.

Yusuf, M. & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133. https://doi.org/10.53627/jam.v7i2.3996

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Kirana, K., & Junaidi, J. (2025). Implementasi PBL Berdasarkan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 4 Bukittinggi. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(2), 274–285. https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.311