Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Media Spinning Question Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Solok Selatan

  • Yola Pistika Sari Sari Universitas Negeri Padang
  • Eka Asih Febriani Universitas Negeri Padang
Keywords: Discovery learning, Pemahaman konsep, Pembelajaran sosiologi, Spinning question

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dengan bantuan media spinning question terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 6 Solok Selatan. Hal ini menarik untuk diteliti karena terdapat Permasalahan dalam penelitian yaitu rendahnya pemahaman konsep Peserta didik pada pembelajaran sosiologi kelas XI IPS. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori konstruktivisme yang dikembangkan oleh Jean Piaget. Teori konstruktivisme adalah teori yang menjelaskan perkembangan kognitif seseorang dari proses pembelajaran yang aktif dan dapat membangun pemahaman konsep melalui pengamatan dan interaksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang termasuk penelitian eksperimen. Pemilihan dalam penelitian ini dilakukan secara simple random sampling kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen kelas XI IPS 4 dan kelas kontrol XI IPS 3 dengan jumlah peserta didik 56 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dalam bentuk pilihan ganda dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan bantuan media spinning question. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis pada kelas XI IPS 4 kelompok eksperimen menunjukan nilai Signifikansi 0,000 < 0,05 dengan t-hitung 20.537 > t-tabel 0.683 dan t-hitung 36.167 > t-tabel 0.683. sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dengan bantuan media spinning question berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran sosiologi kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 6 Solok Selatan.

References

Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konse Siswa.AlMuta’aliyahSTAIDarulKamalNWKembangKerang,I(3),80–88. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3005/2208
Aryanto, H., Azizah, M. D., Nuraini, V. A., & Sagita, L. (2021). Inovasi Tujuan Pendidikan di Indonesia. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(10), 1430–1440. https://doi.org/10.47387/jira.v2i10.231
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Jannah, M., & Junaidi, J. (2020). Faktor Penghambat Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 2 Batusangkar. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 191–197. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.25
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2).
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., Kamila, L., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Media Spinner untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN Banjar. 5, 9112–9116.
Periera, S. (2015). Pentingnya Rancangan Pembelajaran Sosiologi Bagi Dunia Pendidikan Di Timor Leste. Jurnal InovasiDanTeknologiPembelajaran,vol1,no2. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/download/2117/1252#:~:text=Pembelajaran sosiologi dimaksudkan untuk mengembangkan,dalam kehidupan nyata di masyarakat.
Prakoso, A. F., Trisnawati, N., Soesatyo, Y., Tjipto Subroto, W., & Canda Sakti, N. (2019). Keefektifan Pemantapan Kemampuan Guru SMK dalam Menulis Proposal Penelitian Eksperimen. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 59–82. https://doi.org/10.21009/jpmm.003.1.05
Rizqiyah, S., Spinning, M., Terhadap, Q., Berpikir, K., Belajar, H., & Siswa, G. (2023). Majalah Pembelajaran Geografi Pengaruh Model Pembelajaran EXO-OLO Task dengan Bantuan. 6(1), 1–9.
Rutonga, R. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah PendidikanGuruSekolahDasar,1(2),195–207. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/110
Sianturi, R. A. (2019). Penerapan metode. Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 27(2), 159–167. https://journal.uny.ac.id/index.php/diksi/article/view/23098
Siregar, F. (2022). Penerapan Model Student Teams Achivement Division Dengan Berbantuan Media Spinning Question Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XI Ips SMA. 7(3), 213–219.
Suyono & Hariyanto. (2017). Belajar dan Pengajaran: Teori dan Konsep Dasar. PT Remaja Rosdakarya.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
Published
2023-06-27
How to Cite
Sari, Y. P. S., & Febriani, E. A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Media Spinning Question Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Solok Selatan. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(2), 156-166. https://doi.org/10.24036/nara.v2i2.122